Liga Indonesia

Liga 1: Hadapi Persis Solo, PSS Bicara Kondisi Terbaru Bintang Asal Portugal

Jumat, 9 September 2022 14:25 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© PSS Sleman
Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantor menyebut Ze Valente, belum pasti main saat timnya menghadapi Persis Solo. Copyright: © PSS Sleman
Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantor menyebut Ze Valente, belum pasti main saat timnya menghadapi Persis Solo.

INDOSPORT.COM - Bintang PSS Sleman, Ze Valente, belum pasti main saat timnya menghadapi Persis Solo pada lanjutan Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (10/09/22). Gelandang asal Portugal masuk list pemain yang kurang bugar.

Ze Valente merupakan rekrutan tersukses PSS Sleman musim ini. Pemain yang punya nama di kompetisi kasta kedua Liga Portugal ini jadi pilar penting lini tengah.

Ia bermain penuh dalam tujuh dari delapan laga PSS di Liga 1 2022/2023. Ze Valente hanya sekali diganti pada laga terakhir melawan Dewa United di Indomilk Arena, Tangerang, Minggu (04/09/22) lalu.

Ternyata, pergantian yang dilakukan melawan Dewa United itu karena kondisi Ze Valente kurang bagus. Masalah kebugaran itu masih ada pada masa persiapan akhir melawan Persis Solo.

Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, menyebut ada sebelas pemain yang berpotensi absen melawan Persis Solo. Salah satu nama yang disebut Seto adalah Ze Valente.

"Sampai pagi ini yang ikut berlatih hanya 19 pemain. Ada banyak yang cedera, seperti Ze, Dedi (Gusmawan), Jandia, Komar, Riki, Rifky dan lainnya. Kita akan optimalkan 19 pemain ini. Mudah-mudahan besok kondisinya semakin baik," kata Seto dalam jumpa pers di Omah PSS, Jumat (09/09/22).

Seto mengakui situasi ini tak mudah bagi PSS. Namun, dengan empat sesi latihan menuju laga melawan Persis Solo, Seto coba mempersiapkan tim dengan baik.

"Dengan berbagai macam kendala, kita coba mengevaluasi apa yang menjadi kekurangan. Kita coba sedikit-sedikit tambal sulam untuk finishing, bertahan. Semoga hasilnya bisa optimal," tutur Seto.

Bicara soal kekuatan Persis Solo, Seto menilai posisi Rasiman sebagai caretaker membawa perubahan positif. Dengan pengalaman panjangnya, Rasiman membuat Laskar Sambernyawa semakin bertaji.

"Coach Rasiman punya banyak pengalaman. Beliau pernah berkecimpung di banyak klub. Di Madura United, coach Rasiman juga pegang dan hasilnya bagus," tutur Seto.

"Artinya memang banyak perubahan, baik secara kekompakan, teknis dan taktik strategi. Banyak sekali perubahannya. Beliau cukup punya andil besar untuk Persis," lanjut pelatih AFC Pro ini.