Bola Internasional

Kisah 2 Pelatih Tersukses di Liga Jepang Sepanjang Masa, Kalahkan Arsene Wenger

Sabtu, 17 September 2022 13:06 WIB
Editor: Herry Ibrahim
© Dok. J-League
Pelatih asal Brasil Oswaldo de Oliviera (kiri) dan pelatih asal Jepang Hajime Moriyasu (kanan) menjadi dua pelatih tersukses sepanjang masa di Liga Jepang. Copyright: © Dok. J-League
Pelatih asal Brasil Oswaldo de Oliviera (kiri) dan pelatih asal Jepang Hajime Moriyasu (kanan) menjadi dua pelatih tersukses sepanjang masa di Liga Jepang.

INDOSPORT.COM - Semenjak bergulir pada 1993, sudah ada banyak pelatih yang pernah merasakan ketatnya persaingan di kasta teratas J.League.

Dalam 29 musim sebelumnya, ada beberapa nama pelatih yang bersinar lebih terang daripada para pesaingnya.

Hal ini bisa dilihat dari penghargaan yang diberikan J.League melalui gelaran J.League Awards yang diselenggarakan tiap tahun.

Sejak tahun 1993, J.League sudah memberikan gelar kepada pelatih terbaik musim itu lewat penghargaan Manager of the Year alias Pelatih Terbaik.

Biasanya, pemenang penghargaan ini adalah pelatih yang bisa membawa timnya juara kasta teratas J.League, meski tak selalu demikian.

Hal tersebut terjadi sampai tahun 2017 saat J.League membuat penghargaan baru bernama Manager of the J.League Champion untuk pelatih yang membawa timnya juara, untuk membedakan dengan pelatih yang mendapatkan gelar Manager of the Year.

Hampir tiga dekade berjalan, ada 21 pelatih yang pernah mendapatkan gelar ini, mulai dari Yasutaro Matsuki yang meraih dua gelar dalam dua musim pertama J.League.

Arsene Wenger bersama Nagoya Grampus sebelum hijrah ke Arsenal, hingga musim lalu diraih pelatih asal Spanyol, Ricardo Rodriguez, yang membesut Urawa Red Diamonds.

Meski begitu, hanya ada dua pelatih yang pernah merebut gelar ini tiga kali, alias bisa dibilang sebagai pelatih tersukses J.League sepanjang sejarah.