In-depth

3 Hewan yang Diusulkan Publik Layak Jadi Maskot Piala Dunia U-20 Ketimbang Badak Jawa

Senin, 19 September 2022 19:57 WIB
Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Peluncuruan Maskot Resmi Piala Dunia U-20 2023 Indonesia oleh Menpora Zainudi Amali, PSSI, dan perwakilan FIFA di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (18/09/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Peluncuruan Maskot Resmi Piala Dunia U-20 2023 Indonesia oleh Menpora Zainudi Amali, PSSI, dan perwakilan FIFA di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (18/09/22).

INDOSPORT.COM - Publik mengkritik pemilihan hewan badak jawa bercula satu untuk jadi maskot Piala Dunia U-20 2023. Ada tiga alternatif hewan yang disebut lebih cocok merepresentasikan Indonesia.

Federasi sepak bola dunia, FIFA, dan induk sepak bola nasional, PSSI, serta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) baru saja memperkenalkan maskot Piala Dunia U-20 2023.

Seperti diketahui, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah pesta sepak bola terbesar kelompok umur tersebut pada tahun depan.

Sejatinya ajang Piala Dunia U-20 2023 ini digelar tahun 2021 lalu, namun karena pandemi Covid-19 yang belum mereda terpaksa ditunda ke tahun 2023.

Event ini akan diselenggarakan pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Sebelum itu, jauh-jauh hari maskot Piala Dunia U-20 2023 diperkenalkan bernama Bacuya.

Bacuya berbentuk hewan badak bercula satu atau yang lebih dikenal dengan badak jawa. Acara perkenalan maskot itu digelar di Bunderan Hotel Indonesia, Minggu (18/09/22) saat agenda Car Free Day (CFD( di Jakarta.

"Saya berterima kasih kepada pemerintah, Kementerian Pemuda dan Olahraga, bapak Zainudin Amali karena terus mendukung kami hingga saat ini," kata Mochamad Iriawan selaku ketua umum PSSI.

"Maskot Piala Dunia U-20 2023 telah resmi diluncurkan. Namanya yaitu Bacuya, Badak Cula Cahaya," lanjutnya.

Sementara itu delegasi FIFA yang hadir juga memberikan sambutannya. Ia mengapresiasi antusias Indonesia menggelar event ini, yang akan tercatat dalam sejarah.

"Ini akan menjadi kompetisi FIFA pertama yang berlangsung di Indonesia, peluncuran logo resmi merupakan tonggak sejarah yang menarik dalam perjalanan ini," ucap Jaime Yarza selaku direktur turnamen FIFA.

Di saat yang bersamaan setelah maskot Bacuya diperkenalkan, polemik langsung terjadi di kalangan masyrakat.

Tidak sedikit yang melontarkan kritikan atas pemilihan hewan badak jawa menjadi maskot, karena bisa menimbulkan stigma jawa sentris.

Mereka pun lantas memberikan hewan-hewan alternatif yang lebih cocok untuk merepresentasikan Indonesia sekaligus mengangkat sektor pariwisata, saat Piala Dunia U-20 2023 digelar. Hewan apa saja?