In-depth

Shin Tae-yong, Dulu Tumbangkan Jerman kini Bawa 2 Generasi Timnas Indonesia Lolos Piala Asia

Senin, 19 September 2022 16:37 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Statistik mentereng Shin Tae-yong saat melatih, mulai dari tumbangkan Jerman di Piala Dunia hingga bawa Timnas Indonesia berbeda generasi lolos Piala Asia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Statistik mentereng Shin Tae-yong saat melatih, mulai dari tumbangkan Jerman di Piala Dunia hingga bawa Timnas Indonesia berbeda generasi lolos Piala Asia.

INDOSPORT.COM – Statistik mentereng Shin Tae-yong saat melatih sampai saat ini, mulai dari tumbangkan Jerman di Piala Dunia hingga bawa Timnas Indonesia berbeda generasi lolos Piala Asia.

Pada Minggu (18/09/22) malam WIB, Timnas Indonesia U-19 berhasil mengikuti langkah sang senior dengan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 yang digelar tahun 2023 mendatang.

Dalam laga pamungkas kualifikasi Grup F yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, skuat Timnas Indonesia U-19 harus menghadapi rival sesama ASEAN yakni Vietnam untuk amankan tiket lolos.

Ditengah dukungan penuh suporter, Hokky Caraka nyaris saja membuka keunggulan timnas Indonesia di menit ke-4, namun ia tampak tidak tenang sehingga bola justru melebar tipis.

Selang beberapa menit, kombinasi ciamik dari Ronaldo Kwateh juga hampir saja membuat gawang Vietnam kebobolan. Tetapi, sang pemain justru gagal mengejar bola.

Meski banyak menekan, namun hingga peluit tanda jeda turun minum berbunyi tidak ada gol yang berhasil dicetak para pemain Timnas Indonesia U-19.

Drama pun terjadi pada babak kedua. Setelah sekian banyak serangan, akhirnya Marselino mampu memecah kebuntuan dan membawa Timnas Indonesia unggul di menit ke-61’.

Namun hanya dalam tempo 13 menit, Vietnam secara mengejutkan mampu membalikkan kedudukan lewat gol bunuh diri Ferrari serta Xuan Tien.

Di sisa 10 menit pertandingan, semangat pantang menyerah yang ditampilkan anak asuh Shin Tae-yong akhirnya berbuah manis usai Ferrari dan Rabbani cetak gol pembalik keadaan sekaligus membawa Timnas Indonesia menang 3-2.

Dengan hasil ini, maka skuat Garuda Muda berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U-20 dengan status sebagai juara Grup F.

Tak hanya melanjutkan tren lolos Piala Asia U-20 yang sudah terjadi sejak 2018 lalu, ada satu catatan manis yang juga berhasil ditorehkan pelatih kepala Shin Tae-yong.