In-depth

Ethan Nwaneri, dan 4 Bocah Sekolah yang Pernah Sandang Predikat Debutan Termuda di Liga Inggris

Rabu, 21 September 2022 20:05 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/David Klein
Pemain muda Arsenal, Ethan Nwaneri. Foto: REUTERS/David Klein. Copyright: © REUTERS/David Klein
Pemain muda Arsenal, Ethan Nwaneri. Foto: REUTERS/David Klein.

INDOSPORT.COM - Berikut para pemain yang lakoni debut termuda dalam sejarah Liga Inggris (Premier League dari masa ke masa.

Arsenal sukses mengembalikan tren positif mereka di kompetisi Liga Inggris, setelah sempat tercoreng karena kalah 3-1 dari Manchester United di pekan ke-6. 

Kini mereka kembali ke jalur kemenangan di pekan ke-7 saat bertandang ke markas Brentford di Stadion Gtech Community, Minggu (18/09/22) malam WIB.

Arsenal menang dengan skor akhir 3-0. Mereka unggul lebih dahulu melalui gol William Saliba menit ke-17.

Lalu digandakan oleh Gabriel Jesus di menit ke-28, serta Fabio Daniel Ferreiera Vieira menit ke-49 yang memperbesar keunggulan.

Kemenangan itu membuat Arsenal semakin kokoh di puncak klasemen Liga Inggris sementara sejauh ini dengan koleksi 18 poin.

Selain kemenangan, ada satu sorotan lainnya yang jadi fokus publik di laga Brentford vs Arsenal itu, dia adalah Ethan Nwaneri.

Ethan Nwaneri adalah pemain Arsenal yang melakoni laga debutnya melawan Brentford. Menjadi perhatian karena usianya baru 15 tahun. Sebuah usia bagi pemain yang masih aktif duduk di bangku sekolah tingkat SMP. 

Sekilas, ia nampak seperti pemain remaja pada umumnya yang baru terjun ke kompetisi kasta teratas sepak bola Inggris.

Menit bermainnya saja masih sangat terbatas lantaran dimasukkan jelang berakhirnya babak kedua antara Brentford vs Arsenal pekan lalu.

Di pertandingan tersebut, ia ternyata mencatatkan rekor sebagai debutan termuda di kompetisi kasta teratas Liga Inggris, Premier League.

Usianya saat masuk di pertandingan Brentford vs Arsenal adalah 15 tahun 181 hari, menurut catatan The Guardian.

Selain meraih predikat tersebut, Ethan Nwaneri juga mencatatkan rekor tersendiri dalam ruang lingkup klubnya, Arsenal.

Ia dinobatkan sebagai pemain termuda The Gunners melangkahi dua seniornya yakni Cesc Fabregas dan Jack Wilshere.

Nama yang pertama, sah menjadi pemain Arsenal di usia 16 tahun 5 bulan 24 hari), sedangkan yang kedua mencatatkan rekor 16 tahun 256 hari.

Ethan Nwaneri memang jadi pemain debutan termuda dalam sejarah Liga Inggris. Tapi ia bukan satu-satunya pemain usia muda yang sudah menjajal debut di kasta tertinggi.

Berikut beberapa nama pemain yang pernah jalani debut bestatus termuda di Liga Inggris sebelum Ethan Nwaneri.