Liga Inggris

Roman Abramovich Ternyata Sempat Ingin Beli Arsenal Sebelum Akuisisi Chelsea

Rabu, 21 September 2022 10:03 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
© thesun/AFP
Mantan pemilik Chelsea, Roman Abramovich. Copyright: © thesun/AFP
Mantan pemilik Chelsea, Roman Abramovich.

INDOSPORT.COM – Miliarder asal Rusia, Roman Abramovich, ternyata sempat dikabarkan bakal membeli raksasa Liga Inggris (Premier League), Arsenal, sebelum Chelsea.

Sebelumnya, Roman Abramovich adalah mantan pemilik Chelsea yang akhirnya harus menjual kepemilikan klub kepada Todd Boehly.

Hal tersebut harus dilakukannya karena sanksi yang dijatuhkan pemerintahan Inggris buntut penyerangan Rusia ke Ukraina.

Sementara, walau Abramovich tampaknya juga bukan otak di balik serangan tersebut, kedekatannya dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, menjadi alasan besar mengapa Inggris menjatuhkan sanksi tersebut.

Sanksi tersebut lantas bisa mengakibatkan kerugian bagi Chelsea saat itu, seperti dilarang ada aktivitas jual-beli pemain hingga dilarang menjual souvenir klub.

Tak hanya itu saja, sponsor Three menangguhkan perihal kontrak klub terkait sanksi yang diberikan Pemerintah Inggris. Hal ini termasuk penghapusan logo Three dari jersey Chelsea.

Melansir dari The Athletic, saat itu rekening bank perusahaan milik Chelsea juga dibekukan kurang lebih sampai Abramovich menjual kepemilikan The Blues.

Dalam 9 tahunnya memiliki Chelsea, Abramovich telah menyaksikan klubnya mengangkat 5 trofi Liga Inggris, 5 trofi piala Liga, dan 2 piala Community Shield untuk ajang domestik.

Sementara untuk gelar di luar domestic, Chelsea telah memenangkan 2 trofi Liga Champions, 2 trofi Liga Europa, 1 Piala Super UEFA, dan 1 Piala Dunia Antarklub.

Namun, sebelum membeli Chelsea, ternyata Roman Abramovich sempat ingin membeli Arsenal terlebih dahulu, tetapi ada satu hal yang akhirnya kesepakatan tersebut tidak pernah tercapai.