Liga Spanyol

Liga Spanyol: Beri Sinyal Sakit Hati pada Messi, Lewandowski Justru Terobsesi Gabung Barcelona

Rabu, 21 September 2022 07:30 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Pablo Morano
Dua kali dipecundangi Lionel Messi di ajang Ballon d'Or, Robert Lewandowski pilih ikut jejaknya dengan bela Barcelona di Liga Spanyol. Copyright: © REUTERS/Pablo Morano
Dua kali dipecundangi Lionel Messi di ajang Ballon d'Or, Robert Lewandowski pilih ikut jejaknya dengan bela Barcelona di Liga Spanyol.

INDOSPORT.COM - Bahkan sebelum bergabung dengan Barcelona, Robert Lewandowski sudah dikenal sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik dunia saat ini.

Hanya saja menurutnya sukses akan lebih mudah ia dapatkan jika berkiprah di Liga Spanyol.

Saat masih berbaju Bayern Munchen, Lewandowski sudah memenangkan segalanya yang bisa ia capai. Trofi domestik maupun internasional dan kontinental semuanya sudah masuk dalam koleksi.

Menjadi top skor pun bukan hal asing bagi bomber berkebangsaan Polandia tersebut. Tidak kurang dari 18 kali sudah ia menjadi pemain tersubur dalam sebuah gelaran.

Hanya satu yang kurang bagi Robert Lewandowski yakni anugerah Ballon d'Or. Meski ia sudah menjadi juara di dua edisi pemain terbaik dunia versi FIFA di 2020 dan 2021 lalu, namun rasanya trofi bola emas jauh lebih berkesan.

Sebenarnya di 2020 striker berjuluk Lewangoalski itu sempat jadi favorit untuk memenangi Ballon d'Or usai membantu Bayern menjuarai Liga Jerman, Liga Champions, dan DFB-Pokal sekaligus menjadi top skor di ketiga ajang tersebut.

Hanya saja karena adanya pandemi Covid-19, France Football sebagai penyelenggara justru mentiadakaan penganugerahan dengan alasan musim saat itu berjalan tidak normal.

Setahun kemudian lagi-lagi Lewandowski menjalani 12 bulan yang luar biasa namun pada akhirnya harus puas menjadi runner-up saja di Ballon d'Or 2021.

Ia kalah dari Lionel Messi. Tidak tanggung-tanggung, ada 33 suara yang menjadi jarak antara keduanya. Publik sepak bola saat itu merasa jika para pemilik hak voting serta France Football bias dalam menentukan pemenang.

Akhirnya Lewandowski pun mengambil langkah tegas. Mengingat usianya sudah menginjak 34 tahun, ia pun memutuskan untuk meninggalkan Bayern Munchen menuju Barcelona pada bursa transfer musim panas lalu demi memperbesar kansnya menjuarai Ballon d'Or.