Liga Indonesia

Simpel, Proses Pengambilan Sumpah Sandy Walsh dan Jordi Amat Dilakukan Online

Rabu, 21 September 2022 19:35 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Sandy Walsh dan Jordi Amat. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Sandy Walsh dan Jordi Amat. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengabarkan proses pengambilan sumpah dua pemain keturunan Indonesia, Sandy Walsh dan Jordi Amat, Rabu (21/9/22).

Proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat memang sudah disetujui dalam Rapat Paripurna DPR RI pada Selasa (20/9/22). Keduanya tinggal menunggu surat keputusan Presiden dan pengambilan sumpah.

Terkait hal ini, Menpora Zainudin Amali sudah melakukan koordinasi dengan pihak Kementerian Hukum dan HAM. Dia menjelaskan pengambilan sumpah Sandy Walsh dan Jordi Amat akan dilakukan secara daring.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan Ham dengan pak wamen (wakil menteri) beliau sudah oke," ucap Zainudin Amali.

Bukan tanpa pengambilan sumpah dilakukan secara daring. Sebab, baik Sandy Walsh maupun Jordi Amat saat ini sedang bermain di luar negeri.

"Karena mereka sedang main dan ada main di Eropa dan di luar negeri, maka akan diambil sumpahnya oleh Kanwil (kantor wilayah) Kemenkumham DKI secara virtual, itu juga sah," sambungnya.

Meski begitu, belum diketahui kapan persisnya pengambilan sumpah Jordi Amat dan Sandy Walsh dilakukan. Zainudin Amali masih menunggu proses rampung hingga keluarnya surat keputusan dari presiden.

"Tunggu dari DPR, ngirim ke sini (presiden) mudah-mudahan hari ini kalau ada paripurna itu sudah salah satu yang disetujui," jelasnya.

"Tapi, di Komisi III dan di Komisi X DPR RI kan kemarin saya sudah arahkan sudah oke nggak ada masalah," pungkas Zainudin Amali.