Liga Indonesia

Liga 1: Riyandi Dipanggil Timnas, Skuat Gemuk Bikin Persis Pede Hantam PSM

Sabtu, 24 September 2022 16:35 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi kiper M. Riyandi mencoba menepis bola dalam latihan tendangan penalti. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi kiper M. Riyandi mencoba menepis bola dalam latihan tendangan penalti.

INDOSPORT.COM - Caretaker Persis Solo, Rasiman, tak khawatir dengan stok kiper. Ketika Muhammad Riyandi dipanggil timnas Indonesia, tim masih punya Gianluca Pandeynuwu yang siap ditampilkan menghadapi PSM Makassar, Kamis (29/9/22).

Sektor penjaga gawang menjadi salah satu posisi dengan rekrutan terbaik musim ini. Riyandi dan Gianluca sama-sama punya kualitas untuk mengisi posisi nomor satu di bawah mistar.

Musim lalu, Gianluca tampil dalam 23 partai bersama Borneo FC. Jumlah main itu mengalami peningkatan dibanding 14 laga pada Liga 1 2019.

Sementara itu, penampilan Riyandi juga lumayan banyak, yakni 15 kali bareng Barito Putera di Liga 1 2021-2022. Jumlah itu tak bisa disebut sedikit karena dia beberapa kali mengikuti agenda timnas Indonesia.

Dari dua nama itu, Persis Solo baru memainkan Muhammad Riyandi di Liga 1 2022-2023. Dia menjadi satu-satunya pemain yang belum pernah diganti dalam 10 partai musim ini.

Riyandi tak pernah diganti karena memang tampil luar biasa. Ia menjadi kiper nomor kedua di Liga 1 dengan jumlah penyelamatan terbanyak (35), berselisih satu dari kapten Persija Jakarta Andritany Ardhiyasa (36).

Namun, situasi ini berpotensi berubah saat melawan PSM Makassar. Ada peluang Gianluca Pandeynuwu mengisi posisi penjaga gawang di Stadion Manahan Solo.

Pasalnya, Riyandi saat ini memenuhi panggilan timnas Indonesia untuk laga melawan Curacao, Sabtu (24/9/22) dan Selasa (27/9/22). Dia baru pulang ke Solo pada H-1 laga melawan PSM Makassar.

"Riyandi pulang ke Solo tanggal 28 September. Saya rasa tidak masalah, tapi kita juga punya Gianluca Pandeynuwu yang juga termasuk top level goalkeeper di Liga 1. Dia punya jam terbang cukup banyak di Borneo FC," kata Rasiman.