Liga Indonesia

Terdepak dari Liga 2, Badak Lampung FC Mendadak Hilang Tak Ikut Liga 3 2022

Selasa, 27 September 2022 13:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Logo kontestan Liga 2 2020, Badak Lampung. Copyright: © INDOSPORT
Logo kontestan Liga 2 2020, Badak Lampung.

INDOSPORT.COM - Terdepak dari Liga 2, nama Badak Lampung FC juga mendadak hilang dari daftar kontestan Liga 3 2022. Ada apa dengan klub asal Sumatra itu?

Bicara soal Badak Lampung FC, ada sejarah panjang yang mewarnai kiprah tim tersebut, sampai akhirnya bermain di level Liga 1, lalu turun ke Liga 2, dan kini terjatuh ke Liga 3.

Sebelum menjadi Badak Lampung, tim ini awalnya bernama Perseru Serui. Serui adalah nama daerah di Pulau Papua.

Pada masanya, Perseru Serui berkompetisi di level tertinggi, Liga 1 2018. Namun, saat itu tim nyaris degradasi, andai mereka tak bisa menaklukkan Persipura Jayapura.

Selamat dari degradasi, Perseru Serui akhirnya diakuisisi oleh pengusaha asal Jakarta, Marco Paulo Garcia, dan ia pun memindahkan markas tim ini ke Lampung.

Nama tim juga berubah jadi Perseru Badak Lampung FC, dan bermain di Liga 1 2019. Namun, karena sejak awal sudah kalah saing, mereka pun terdegradasi juga.

Badak Lampung turun kasta ke Liga 2 2020, dan akhirnya kompetisi dihentikan lantaran pandemi Covid-19 menyeruak di Tanah Air.

Memasuki Liga 2 2021, Badak Lampung FC kembali menunjukkan kelasnya. Hanya saja, mereka kembali kalah saing di level grup, sulit meraih kemenangan maupun poin.

Mau tidak mau, Badak Lampung akhirnya turun kelas ke Liga 3. Dengan demikian, mereka harus bersaing di level regional terlebih dahulu, sebelum masuk nasional.

Badak Lampung FC sejatinya dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi Liga 3 2022 zona Lampung. Namun, sampai saat ini belum ada informasi mengenai persiapan tim.