Liga Inggris

Fabian Delph Mendadak Umumkan Pensiun di Usia 32 Tahun

Rabu, 28 September 2022 16:13 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Sky Sports
Fabian Delph dalam satu sesi latihan Timnas Inggris jelang Piala Eropa 2016. Copyright: © Sky Sports
Fabian Delph dalam satu sesi latihan Timnas Inggris jelang Piala Eropa 2016.

INDOSPORT.COM - Jawara Liga Inggris dua kali bersama Manchester City, Fabian Delph, baru saja mengumumkan pensiun dari sepak bola di usia 32 tahun.

Dalam pengumuman itu, Fabian Delph juga mengenang karirnya hingga usia 32 tahun sampai sekarang. 

Gelandang serba bisa itu terakhir kali bermain untuk Everton, yang cabut dari Goodison Park di musim panas 2022 setelah kontraknya habis. 

Dia memulai karir profesional bersama Leeds United ketika klub asal Kota Yorkshire itu masih berkutat di Divisi Ketiga alias League One.

Koleksi trofi Delph sendiri sebagian besar dia penuhi ketika masa-masa keemasan membela Manchester City. 

Dia juga sempat bermain untuk Aston Villa setelah cabut dari Leeds pada musim panas 2009 silam. 

Di mana, dia menghabiskan enam tahun bersama The Villans setelah diboyong dari Leeds dengan mahar sebesar 8 juta poundsterling kala itu. 

“Hari ini saya mengumumkan pensiun dengan berat hati, tapi rasa bahagia dan terima kasih atas segala yang sudah diberikan sepak bola kepada saya,” kata Delph mengawali pengumuman pensiun di sosial media. 

“Terima kasih yang luar biasa kepada keluarga saya, teman-teman, para pemain dan staf dari klub-klub luar biasa yang sudah memberikan saya kesempatan untuk bermain untuk mereka. Dan tentu saja yang paling spesial, para fans klub-klub itu,” lanjutnya. 

Perjalanan karir Delph memang cukup luar biasa, mulai dari debutnya bersama skuat senior Leeds hingga masa kejayaan Manchester City.