Bola Internasional

Ingin Belanda Juara Piala Dunia 2022, Louis van Gaal Malah Nyeleneh Rekrut Pelatih Voli ke Timnya

Rabu, 28 September 2022 19:00 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© Lars Baron - FIFA/FIFA via Getty Images
Peter Murphy yang merupakan pelati kondang voli di Belanda diajak Louis van Gaal bergabung dalam tim kepelatihan De Oranje untuk Piala Dunia 2022 mendatang. Copyright: © Lars Baron - FIFA/FIFA via Getty Images
Peter Murphy yang merupakan pelati kondang voli di Belanda diajak Louis van Gaal bergabung dalam tim kepelatihan De Oranje untuk Piala Dunia 2022 mendatang.

INDOSPORT.COM - Louis van Gaal punya persiapan yang tidak biasa menjelang gelaran Piala Dunia 2022.

Pelatih tim nasional Belanda itu bakal membawa pelatih voli ke Qatar demi meningkatkan performa timnya.

Jaman sekarang memang spesialisasi pelatih dalam sepak bola memang sudah sangat beragam. Contohnya saja Liverpool yang memiliki coach khusus untuk lemparan ke dalam.

Hanya saja untuk melibatkan seorang pelatih kiper dalam susunan staf kepelatihan sepak bola jelas sesuatu yang tidak lazim.

Namun itulah yang dilakukan Van Gaal. Rupanya ia ingin memperkuat Belanda dalam sesi adu penalti.

Pelatih unik tersebut bernama Peter Murphy. Namanya mungkin terdengar asing namun sosoknya adalah salah satu juru taktik terkemuka di negeri kincir angin.

Keputusan Van Gaal bukannya tidak mendapat kritikan namun manajer kawakan berusia 71 tahun tersebut rela melakukan apapun demi membesarkan kans Belanda di Piala Dunia akhir tahun ini.

Louis van Gaal membawa pelatih bola voli top ke Piala Dunia dalam upaya untuk memastikan Belanda mahir adu penalti. Karena adu penalti juga sukses yang relatif oke bisa De Oranje dapatkan di Piala Dunia 2014 lalu.

Di Brasil, ia menggantikan kiper Jasper Cillessen dengan Tim Krul pada saat-saat terakhir pertandingan perempat final tanpa gol melawan Kosta Rika dan hasilnya luar biasa.

Krul mampu menepis penalti dua penalti lawan dan membuat Belanda melaju ke semifinal. Van Gaal pun mendapat apresiasi yang masif atas kemenangan tersebut.