Bola Internasional

Sejak Dilatih Louis van Gaal, Timnas Belanda Belum Terkalahkan

Selasa, 27 September 2022 06:00 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Lars Baron - FIFA/FIFA via Getty Images
Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal. Copyright: © Lars Baron - FIFA/FIFA via Getty Images
Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal.

INDOSPORT.COM - Timnas Belanda sedang dalam performa terbaiknya di ajang internasional, karena sejak dilatih Louis van Gaal mereka belum terkalahkan jelang Piala Dunia 2022.

Timnas Belanda berhasil melaju ke partai final UEFA Nations League A, usai mengalahkan Belgia 1-0 pada laga terakhir fase grup 4.

Bermain di Stadion Amsterdam Arena, Senin (26/09/22) kemarin, Timnas Belanda sempat kesulitan membongkar pertahanan Belgia.

Apalagi tim tamu juga merupakah salah satu negara kuat di Eropa saat ini dengan segudang pemain bintang muda potensialnya.

Tak heran, mereka juga beberapa kali mengancam gawang Belanda. Skor 0-0 mewarnai babak pertama.

Memasuki babak kedua, kebuntuan akhirnya pecah. Menit ke-73, Virgil van Dijk mencetak gol melalui sundulan. Skor 1-0 bertahan hingga laga bubaran.

Hasil ini mengantarkan Belanda ke final UEFA Nations League, sekaligus mencatatkan rekor bagi palatih Louis van Gaal.

Sejak dilatih mantan juru taktik Manchester United itu pada Agustus tahun lalu, Belanda belum sekalipun tersentuh kekalahan.

Total ada 14 pertandingan yang mereka lalui dengan hasil kemenangan dan imbang.

Ia dikontrak untuk menggantikan Frank de Boer yang memutuskan mundur usai mengantarkan Belanda ke perempatfinal Euro 2020 lalu.

Dikutip dari situs Goal, KNVB mengontrak Van Gaal selama satu tahun dengan opsi perpanjangan sampai Piala Dunia 2022 Qatar yang dijadwalkan pada akhir tahun ini.

Ini adalah kali ketiga KNVB menunjuk Van Gaal untuk menangani timnas Belanda. Sebelumnya, Van Gaal sempat membesut timnas Belanda pada periode 2000-2002 dan 2012-2014.

Statistik performa timnas Belanda pada dua periode tersebut adalah meraih 27 kemenangan, 13 hasil imbang, dan menelan 4 kekalahan.

Adapun prestasi terbaik timnas Belanda di bawah asuhan Van Gaal adalah menempati peringkat ketiga Piala Dunia 2014 Brasil.