Liga Indonesia

Liga 1: Tahu Persebaya Sedang Loyo, Arema FC Justru Waspada Tingkat Tinggi

Kamis, 29 September 2022 07:55 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Arema FC, Javier Roca. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Arema FC, Javier Roca.

INDOSPORT.COM - Arema FC enggan lengah sedikit pun dalam menata fokus menjelang Super Derby Jatim Liga 1 Indonesia menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (1/10/22). 

Fokus Arema FC saat ini adalah bagaimana menganalisa kekuatan Persebaya dengan bentuk level permainan terbaik mereka di atas lapangan.

"Tim besar seperti Persebaya punya pemain yang kualitas. Siapa pun yang bermain, pasti akan memberi kemampuan maksimal," ucap pelatih Arema FC, Javier Roca.

Roca mengaku tidak sepakat dengan anggapan bahwa Arema FC lebih unggul dari sisi performa dibanding Persebaya di Liga 1. Parameternya mengacu kepada hasil akhir di sejumlah laga. 

Arema FC kini berada dalam motivasi tinggi pasca-kemenangan 1-0 di markas Persik Kediri, Sabtu (17/9/22). Hasil ini sekaligus memutus paceklik kemenangan sejak dikalahkan Persija Jakarta (0-1), imbang versus Barito Putera (1-1), dan ditekuk Persib Bandung (1-2).

Di sisi lain, grafik menukik justru dialami Persebaya Surabaya, yang menelan kekalahan dalam tiga laga kompetisi secara beruntun.

Sejak melibas PSS Sleman 1-0, pasukan Aji Santoso hattrick kekalahan, masing-masing dari Bali United (0-1), PSM Makassar (0-3), dan Rans Nusantara FC (1-2).

Namun bagi Javier Roca, paparan itu hanya masalah statistik karena tidak ada yang tahu bagaimana progres yang dialami skuat Persebaya menjelang persiapan ke Malang.

"Saya tak sepakat soal mereka dalam performa tidak bagus. Semua tim besar, pasti selalu berada dalam kondisi yang bagus," beber pelatih berkebangsaan Chile itu.