Bola Internasional

Timnas Indonesia Pamer Progres Masif Jelang Piala AFF 2022, Pengamat Sepak Bola Vietnam Akui Gentar

Kamis, 29 September 2022 17:15 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Semakin matangnya Timnas Indonesia di bawah Shin Tae-yong dianggap pantas untuk membuat negara manapun di Asia Tenggara termasuk Vietnam waspada. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Semakin matangnya Timnas Indonesia di bawah Shin Tae-yong dianggap pantas untuk membuat negara manapun di Asia Tenggara termasuk Vietnam waspada.

INDOSPORT.COM - Tren apik Timnas Indonesia menjelang gelaran Piala AFF 2022 dipastikan membuat para rival merasa gentar.

Tidak terkecuali Vietnam yang menjadi salah satu rival terberat demi titel tim terbaik di Asia Tenggara.

Pengamat sepak bola dari negeri kopi, Quang Huy, berpendapat jika Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong sudah menunjukkan progres yang sangat positif.

Bisa dilihat dari sukses Witan Sulaeman dan kolega membekuk Curacao dua kali di FIFA Matchday lalu meski kedua negara dipisahkan 71 level di peringkat dunia.

Vietnam sendiri juga pernah menjajal Curacao pada 2019 silam namun mereka hanya bisa memaksakan adu penalti sebelum akhirnya kalah.

Shin Tae-yong dianggap Quang Huy paling berperan dalam sukses Timnas Indonesia. Efek yang ia berikan disebut sepadan dengan apa yang Park Hang-seo produksi bersama skuad Vietnam.

"Coach Shin mengurus Indonesia dari level junior hingga senior. Sangat berdedikasi. Kini sangat sulit bagi tim Asia Tenggara untuk mengalahkan mereka," ujar Quang.

"Dia kini sudah dianggap sebagai figur yang sangat penting di Indonesia. Sebelum ini permainan mereka tidak bagus namun berkat Shin Tae-yong semuanya berubah,"

"Disiplin adalah kunci perkembangan Indonesia bersama pelatih mereka. Negara mereka punya cinta yang besar pada sepak bola dan diberkahi dengan pemain-pemain berbakat layaknya Vietnam,"

"Sejak pertemuan di Piala AFF 2020, saya merasa jika Shin Tae-yong bisa membawa perubahan serupa seperti Park Hang-seo untuk Vietnam," tambahnya lagi.