Liga Indonesia

Kapolri Tegaskan Akan Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan Pasca Derby Jatim

Minggu, 2 Oktober 2022 22:15 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Kemenpora
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan berkas izin kompetisi ke Menpora Zainudin Amali. Copyright: © Kemenpora
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan berkas izin kompetisi ke Menpora Zainudin Amali.

INDOSPORT.COM - Tragedi kemanusiaan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang dalam Derby Jatim Liga 1 Sabtu (1/10/22), benar-benar memantik perhatian publik secara luas.

Pejabat tinggi negara pun langsung turun tangan untuk membuka borok terparah dari tragedi kerusuhan yang terjadi di sepak bola Indonesia tersebut.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin langsung inspeksi yang digelar di Stadion Kanjuruhan Malang, yang menjadi Tempat Kejadian Perkara.

Dia turut didampingi sejumlah pejabat tinggi lainnya, seperti Menpora Zainudin Amali. Berikut juga Mochamad Iriawan (Ketua Umum PSSI) dan Ahmad Hadian Lukita (Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru).

"Sesuai dengan arahan presiden (Joko Widodo), bahwa kejadian ini akan dikawal sampai tuntas," ujar Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo di hadapan awak media, Minggu (2/10/22).

"Kami menyampaikan duka yang mendalam kepada keluarga dari semua korban yang meninggal dunia atas kejadian ini," sambung dia.

Pihaknya bersama sejumlah pihak yang berhubungan insiden itu akan bekerja sama dalam pengusutan tragedi kemanusiaan ini secara keseluruhan.

"Langkah-langkah lanjutan, yaitu kami akan investigasi ini mulai dari pihak penyelenggara (pertandingan, dalam hal ini PSSI, LIB dan Panpel Arema FC)," ucap Listyo. 

Sementara dari pihak kepolisian juga akan digelar investigasi secara mendalam. Pasalnya, tidak tertutup kemungkinan tragedi yang merenggut ratusan nyawa itu ada unsur kesalahan prosedur pengamanan.

"Proses pengamanan dari para petugas (kepolisian) yang sedang bertugas di stadion saat pertandingan juga akan kami lihat lagi," tandas dia.