Bola Internasional

Captain Tsubasa Digemari di Spanyol, Tim Matador Kini Bertemu Jepang di Piala Dunia 2022

Senin, 3 Oktober 2022 17:00 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
© Istmewa
Captain Tsubasa. karakter Jepang yang digemari eks pemain Timnas Spanyol Copyright: © Istmewa
Captain Tsubasa. karakter Jepang yang digemari eks pemain Timnas Spanyol

INDOSPORT.COM – Jelang Piala Dunia 2022, ada hal menarik terkait keterikatan Jepang dan Spanyol yang akan bertemu di grup E, yaitu soal Captain Tsubasa.

Ada satu hal menarik ketika bertanya kepada anak-anak muda Spanyol soal siapa pemain favoritnya di lapangan hijau.

Untuk mereka yang berasal dari Katalunya, mungkin ada nama Andres Iniesta, Xavi Hernandez, atau bahkan Lionel Messi sang megabintang Barcelona.

Sementara, bagi mereka yang tinggal di Madrid, ada nama-nama beken lain, seperti Iker Casillas dan Fernando Torres yang masing-masing membela Real Madrid dan Atletico Madrid.

Namun demikian, jika pertanyaan itu dibalik pada pemain yang disebutkan di atas, maka jawaban mereka adalah karakter kartun Jepang, Captain Tsubasa.

Captain Tsubasa sendiri ditayangkan di berbagai negara dengan nama berbeda, mulai dari Oliver Y Benji, Olive et Tom, Supercampeones, hingga Captain Majid.

Namun demikian, orang lebih mengenal kartun mengenai bocah Jepang berusia 11 tahun ini dengan judul Captain Tsubasa yang diciptakan komikus asal Jepang, Yoichi Takahashi.

Dilansir dari AlJazeera, perjalanan Tsubasa dimulai saat bersekolah di bangku SD, tepatnya di Jepang dan kemudian bermain di Brasil bersama klub raksasa, Sao Paulo.

Perjalanan Captain Tsubasa kemudian berlanjut dengan menapaki sepak bola Eropa dan bergabung dengan tim raksasa Katalunya, Barcelona sebelum bermain di Piala Dunia.

Muncul pertama kali sebagai serial televisi pada 1983, Captain Tsubasa terjual 80 juta kopi di seluruh dunia, selain juga ditransformasikan ke 15 seri Manga atau komik Jepang, 20 video games, lima seri televisi, dan empat film.