Liga Indonesia

Persib vs Persija Ditunda, Polda Jabar Berbelasungkawa Atas Tragedi Kanjuruhan

Senin, 3 Oktober 2022 08:05 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Kerusuhan suporter usai laga Arema FC vs Persebaya pada Liga 1 pekan ke-11 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (01/10/22) malam. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Kerusuhan suporter usai laga Arema FC vs Persebaya pada Liga 1 pekan ke-11 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (01/10/22) malam.

INDOSPORT.COM - Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo, menyampaikan belasungkawa atas tragedi sepak bola yang merenggut ratusan nyawa selepas laga Arema FC kontra Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (1/10/22).

Insiden sepak bola di Stadion Kanjuruhan Malang menimbulkan begitu banyak korban jiwa yang jumlahnya mencapai hampir 200 orang.

"Pertama-tama saya menyampaikan rasa prihatin dan kami menyampaikan turut berbelasungkawa atas kejadian yang terjadi di Malang kemarin," kata Ibrahim Tompo, Minggu (2/10/22).

"Dunia sepak bola turut berduka cita, termasuk kami di sini yang melaksanakan pengamanan kesiapan pertandingan Persib Bandung vs Persija Jakarta," ucapnya menambahkan.

Secara persiapan, Polda Jabar sejatinya sudah siap untuk mengamankan laga pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 antara Persib vs Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (2/10/22).

Namun, PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengambil keputusan untuk menunda seluruh pertandingan Liga 1 2022-2023 selama sepekan, akibat insiden yang terjadi di Stadion Kanjuruhan.

"Di mana pada prinsipnya kami sendiri sudah siap untuk melaksanakan pengamanan. Kami sekarang ada di lapangan GBLA untuk mempersiapkan pertandingan Persib Bandung dan Persija Jakarta," ujarnya.

"Namun, karena ada pertimbangan, baik dari sisi PSSI dan PT LIB, panpel dan Mabes Polri, sehingga pertandingan ini ditunda sampai ada informasi perencanaan untuk pertandingan selanjutnya," jelas Ibrahim Tompo.