Bola Internasional

Media Malaysia Ratapi Kemalangan Timnas Indonesia U-17 Tak Lolos Piala Asia

Senin, 10 Oktober 2022 14:36 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kegagalan Timnas Indonesia U-17 lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 usai kalah dari Malaysia menjadi sorotan media di Negeri Jiran. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kegagalan Timnas Indonesia U-17 lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 usai kalah dari Malaysia menjadi sorotan media di Negeri Jiran.

INDOSPORT.COM – Kegagalan Timnas Indonesia U-17 lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 usai kalah dari Malaysia menjadi sorotan media di Negeri Jiran.

Media asal Malaysia, Vocketfc.com, melalui artikel yang terbit pada hari Senin (10/10/22) menyebut Timnas Indonesia U-17 baru saja ditimpa kemalangan tertubi-tubi.

Pasalnya, selain dipermalukan wakil negaranya, Timnas Malaysia U-17, Garuda Asia juga harus mengubur mimpi untuk melangkah ke putaran final Piala Asia U-17 2023 mendatang.

Nasib malang terus menimpa skuat muda Indonesia yang takluk 1-5 di tangan Malaysia tadi malam ketika secara regulasi gagal lolos ke babak final Piala Asia U-17 2023,” tulis media ini.

Media ini menggarisbawahi bahwa kegagalan Timnas Indonesia U-17 lolos ke putaran final Piala Asia U-17 itu karena regulasi penentuan posisi enam runner-up terbaik.

Sementara skuad asuhan Bima Sakti Tukiman dipastikan tidak masuk dalam daftar enam tim runner-up grup terbaik yang akan mendampingi juara grup ke putaran final yang akan digelar pada Mei tahun depan.

Karena grup B memiliki lima tim, poin dari pertemuan melawan tim di tempat keempat dan kelima tidak dihitung untuk menemukan runner-up terbaik,” lanjut media ini dalam ulasannya.

Berkaca dari regulasi tersebut, kemenangan 14-0 atasu Guam dan 2-1 atas Palestina, yang mana kedua tim tersebut menempati dua posisi terbawah,  tidak masuk dalam hitungan.

Oleh karenanya, Vocketfc.com menyimpulkan bahwa Timnas Indonesia hanya mampu mengoleksi tiga poin dari kemenangan Uni Emirat Arab 3-2 dan kalah dari Malaysia.

Timnas Indonesia pun hanya tertinggal tipis dari Laos yang memastikan tiket terakhir di enam runner-up grup terbaik, dengan memiliki -2 (2 gol dan 4 kebobolan) sementara Garuda Asia –3 (4 gol dan 7 kebobolan).