In-depth

4 Penyebab Kegagalan Timnas U-17 Lolos ke Piala Asia U-17 2023, Ikut Konser Dangdut Salah Satunya?

Senin, 10 Oktober 2022 13:51 WIB
Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-17 vs Malaysia Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-17 vs Malaysia

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-17 harus menerima nasib sial menyusul kegagalan tampil di Piala Asia U-17 2023 karena tak lolos babak kualifikasi, yang digelar di Stadion Pakansari, Bogor.

Kepastian itu diketahui setelah Timnas Indonesia U-17 tak mampu merebut tiket runner-up terbaik untuk lolos, lantaran kalah di laga terakhir dari Malaysia.

Timnas Indonesia U-17 kalah menyakitkan 1-5 saat berhadapan dengan Malaysia di laga pamungkas Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (09/10/22) kemarin.

Malaysia tampil sangat dominan dan jauh lebih solid. Mereka bahkan unggul 5-0 lebih dahulu di babak pertama.

Anak asuh Bima Sakti baru bisa mencetak gol balasan sekaligus hiburan jelang babak kedua berakhir menit ke-90+3, melalui Arkhan Kaka Putra.

Hasil itu membuat Timnas Indonesia U-17 lengser dari puncak klasemen Grup B karena direbut oleh Malaysia.

Alhasil, Malaysia yang mengoleksi poin akhir 10 menjadi tim dari Grup B yang berhak lolos ke putaran final Piala Asia U17 tahun depan. 

Sementara itu, meski mampu mengumpulkan sembilan poin dan selisih gol plus 13, Skuad Garuda Asia tetap kalah bersaing dalam klasemen runner-up terbaik.

Dari 10 tim runner-up, hanya enam tim terbaik yang mendapatkan tiket lolos ke putaran final Piala Asia U17 2023. 

Secara berurutan, keenam tim runner-up terbaik itu adalah Korea Selatan, China, Afghanistan, India, Thailand, dan Laos.

"Saya menyampaikan mohon maaf kepada semua pecinta sepakbola Indonesia atas hasil tidak memuaskan ini. Kecewa sedih pasti," kata Bima Sakti, saat memberikan keterangan seusai laga.

"Saya bilang ke pemain agar bisa mengambil pelajaran dan pengalaman dari turnamen ini untuk mereka ke depan. Karena karier mereka masih panjang. Ini tanggung jawab saya sebagai pelatih," ujarnya menambahkan.

Ada beberapa penyebab yang membuat Timnas Indonesia U-17 gagal lolos ke Piala Asia U-17 2023, berikut beberapa di antaranya.