Liga Spanyol

5 Pemain Termahal yang Dijual Barcelona Sepanjang Sejarah

Rabu, 12 Oktober 2022 10:00 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© JOSE JORDAN/AFP/Getty Images
Selebrasi Lionel Messi dan Neymar. Copyright: © JOSE JORDAN/AFP/Getty Images
Selebrasi Lionel Messi dan Neymar.

INDOSPORT.COM - Pada Agustus 2021, kehilangan Lionel Messi akan terus menjadi kenangan buruk untuk Barcelona. Tapi ternyata, La Pulga bukanlah pemain termahal yang pernah dijual Blaugrana sepanjang sejarah. 

Ya, Barcelona memang termasuk klub yang identik dengan Lionel Messi. Bahkan karena keberadaan sang mega bintang, mereka jarang melakukan pembelian mahal. 

Sebaliknya, para pemain terbaik yang pernah membela, seringkali dilepas dengan harga mahal, yang berarti klub Catalan ini mendapat keuntungan. 

Jadi, krisis finansial sebenarnya hal mustahil untuk klub seperti Barcelona. Tapi realita itulah yang membuat klub harus merelakan Lionel Messi pergi. 

Namun kepergian pemain sebesar Messi tidak membuat Barca untung besar. Sebabnya, pemain Timnas Argentina itu pergi dengan status bebas transfer ke PSG. 

Lantas jika bukan Messi, siapa sajakah para pemain yang dilepas Barcelona dengan harga mahal sepanjang sejarah klub mereka? 

Berikut 5 pemain Barcelona yang dilepas dengan harga mahal sepanjang sejarah. 

5. Paulinho

Musim panas 2017, Barcelona membuat kejutan dengan merekrut gelandang asal Brasil bernama Paulinho dari klub China, Guangzhou Evergrande.

Kala itu, klub harus mengeluarkan uang sebesar 40 juta euro untuk merekrut Paulinho. 

Namun pada musim panas 2018, Paulinho harus dilepas ke Guangzhou Evergrande dengan mahar transfer sebesar 42 juta euro. Ini termasuk salah satu penjualan termahal Barcelona.