Piala Dunia 2022

Tuah Tuan Rumah, Deretan Negara yang Berhasil Menjuarai Piala Dunia di Tanah Sendiri

Jumat, 14 Oktober 2022 20:02 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS
Trofi Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS. Copyright: © Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS
Trofi Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS.

INDOSPORT.COM – Berikut negara-negara yang berhasil menjuarai Piala Dunia saat menjadi tuan rumah penyelenggaraan. Akankah Qatar akan juara juga di edisi 2022 ini?

Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 ini sesuai hasil voting yang dilakukan oleh anggota Komite Eksekutif FIFA pada 2010 silam.

Dalam menyambut Piala Dunia 2022, Qatar pun melakukan pembenahan baik dalam hal teknis seperti skuad maupun non teknis seperti infrastruktur.

Dalam pembenahan infrastruktur, Qatar menggelontorkan dana besar untuk membangun stadion dan fasilitas selama gelaran ajang empat tahunan ini.

Sedangkan dalam pembenahan teknis seperti pemain, Qatar mulai berbenah meningkatkan kualitas tim dan mendatangkan pelatih kelas dunia untuk bersaing dengan negara-negara besar di Piala Dunia 2022.

Qatar yang baru pertama kali menjadi tuan rumah ajang ini, tak hanya ingin menjadi partisipan atau penggembira semata di Piala Dunia 2022.

Qatar diyakini akan berusaha mencoba peruntungan sebagai tuan rumah agar bisa berprestasi di ajang terakbar di dunia sepak bola itu.

Ambisi Qatar ini tak lepas dari sejarah bahwa beberapa tuan rumah Piala Dunia selalu bisa berprestasi dengan menjadi juara ajang itu.

Sejak digelar pertama kali pada 1930, banyak tuan rumah Piala Dunia yang mampu memanfaatkan statusnya sebagai tuan rumah dan menjuarai ajang ini.

Lalu, negara-negara mana saja yang pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia dan menjadi juara ajang tersebut di tanahnya sendiri?