In-depth

Apa yang Terjadi bila Pemain Manchester United Tak Turuti Instruksi Erik ten Hag?

Sabtu, 15 Oktober 2022 15:05 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Stian Lysberg Solum
Menilik apa yang terjadi apabila pemain Liga Inggris (Premier League), Manchester United, tidak menuruti instruksi bos mereka, Erik ten Hag? Copyright: © REUTERS/Stian Lysberg Solum
Menilik apa yang terjadi apabila pemain Liga Inggris (Premier League), Manchester United, tidak menuruti instruksi bos mereka, Erik ten Hag?

INDOSPORT.COM – Menilik apa yang terjadi apabila pemain Liga Inggris (Premier League), Manchester United, tidak menuruti instruksi bos mereka, Erik ten Hag?

Setiap pemain sepak bola pastinya tahu bahwa mereka semua harus tunduk pada semua instruksi pelatihnya, tak terkecuali bagi Erik ten Hag.

Pelatih memang memegang kekuasaan yang tinggi atas skuadnya dan berhak untuk menentukan susunan pemain dan pemain pengganti.

Terlebih lagi, pelatih juga berperan dalam memberikan motivasi yang biasanya terjadi pada saat turun minum alias pada babak kedua.

Hal tersebut tentu bakal meningkatkan semangat bertarung anak asuhnya jika perkataannya tersebut merasuk dalam dirinya sehingga tim bisa kian bersemangat mencetak gol.

Contoh pelatih yang bagus dalam menggambarkan hal itu adalah manajer legendaris Setan Merah, Sir Alex Ferguson, yang menukangi Manchester United selama hampir 27 tahun.

Sir Alex Ferguson memang terkenal sebagai pelatih yang disiplin dan juga jago dalam memotivasi anak asuhnya sehingga mereka bisa lebih bersemangat di babak kedua.

Perkataan yang disampaikan Julian Nagelsmann juga ada benarnya yang menyerukan bahwa melatih itu 30 persen taktik dan 70 persen keterampilan sosial.

Itulah salah satu sebabnya mengapa Sir Alex Ferguson menjadi pelatih yang besar dan mampu mengabdi di Old Trafford selama hampir 27 tahun tanpa dipecat.

Mengingat keterampilan sosial juga diperlukan, lantas apa yang terjadi apabila para pemain Manchester United tidak menuruti instruksi pelatih mereka, Erik ten Hag?