Bola Internasional

Liga Vietnam Segera Gunakan VAR, Liga 1 Indonesia Makin Tertinggal

Sabtu, 15 Oktober 2022 08:50 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
© NYSN
Liga Utama Vietnam (V League) kembali menggaungkan niatnya untuk membawa VAR ke liga nasional dalam waktu dekat. Copyright: © NYSN
Liga Utama Vietnam (V League) kembali menggaungkan niatnya untuk membawa VAR ke liga nasional dalam waktu dekat.

INDOSPORT.COM – Liga Utama Vietnam (V League) kembali menggaungkan niatnya untuk membawa VAR ke liga nasional dalam waktu dekat.

Video Assistant Referee (VAR) bertujuan untuk meminimlisir faktor kesalahan manusia yang dapat memberikan pengaruh besar pada hasil pertandingan.

Baru-baru ini, perwakilan FIFA dan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) dan Perusahaan Gabungan Sepak Bola Profesional Vietnam (VPF) merencanakan untuk membawa VAR ke liga utama dalam waktu dekat.

Tentu saja, biaya untuk membawa VAR tidaklah murah. VPF harus menghabiskan sekitar US 3 juta untuk memasang dan mengoperasikannya.

“Ini hanyalah langkah pertama untuk menilai kemampuan Vietnam guna memenuhi persayaratan teknis wasit untuk VAR,” tutur Le Hoai Anh, Sekjen VFF.

Anh menambahkan banyak proses hingga mendapatkan lisensi dari FIFA, butuh waktu sekitar 13 bulan. Sehingga paling awal dapat muncul pada November musim 2023/2024.

Tidak mudah, VFF dan VPF harus mendapat lisensi dari FIFA untuk menggunakan VAR di Liga Vietnam.

Menurut Anh, pelatihan wasit VAR akan memakan banyak waktu, tenaga dan uang untuk membeli atau menyewa peralatan.

Langkah VFF ini bisa disebut sebagai langkah besar bagi sepak bola Vietnam untuk menghadirkan liga yang lebih berkualitas.

Sementara itu, sepak bola Indonesia belum ada wacana pasti terkait dengan penggunaan VAR dalam Liga 1 dan pertandingan internasional.