Liga Indonesia

Kesempatan Emas, 12 Pemain Terbaik NYXS BLiSPI Cup Dikirim ke Barcelona

Minggu, 16 Oktober 2022 15:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Ketua BLiSPI Pusat, Subagja Suihan (kanan), didampingi Pembina BLiSPI Sumut, Tengku Amri Fadli (tengah) dan Ketua BLiSPI Sumut, Syafril. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Ketua BLiSPI Pusat, Subagja Suihan (kanan), didampingi Pembina BLiSPI Sumut, Tengku Amri Fadli (tengah) dan Ketua BLiSPI Sumut, Syafril.

INDOSPORT.COM - Badan Liga Sepak bola Pelajar Indonesia (BLiSPI) memberikan penawaran terbaik di usianya yang memasuki ke-10 tahun. Mereka akan mengirim pemenang BLiSPI Cup ke Barcelona.

Memasuki tahun ke-10, organisasi yang mewadahi kompetisi usia dini itu memberikan kesempatan kepada anak muda Indonesia U-12 untuk merasakan atmosfer pertandingan level internasional di Barcelona.

Mereka yang akan dikirim adalah pemain terbaik hasil pantuan tim talent scouting BLiSPI dan NYXS selama NYXS BLiSPI Cup di Sentul bulan depan. 

Rencana besar BLiSPI ini terkuak pada acara penandatanganan kerja sama antara NYXS dengan BLiSPI di Jakarta, Sabtu (15/10/22). NYXS merupakan platform olahraga yang bertujuan untuk menghubungkan komunitas fandom dengan atlet muda dengan inisiatif dampak sosial.

Hadir dalam acara tersebut adalah CEO NYXS Tony Kim, Panitia Pelaksana NYXC BLiSPI Cup Bajga Suihan, Direktur ASEAN NYXS Khairul Asyraf, serta pendiri BLiSPI Teguh Rahardjo.

Turut Hadir pula Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, dan Deputi III Kemenpora Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta. Acara ini juga dihadiri perwakilan BLiSPI di 34 provinsi. 

"Program Road to Barcelona adalah kali pertama dilakukan BLiSPI setelah 10 tahun berjalan. Patut disyukuri karena tujuan kami adalah membantu pesepak bola muda untuk bisa mengembangkan bakat sepak bolanya," ujar Bajga Suihan.
 
"Dengan bermain di Barcelona, mereka akan belajar banyak bagaimana melawan pesepakbola dari negara lain. Seperti dari Academy Barcelona, PSG, Valencia, Real Madrid, dsb. Semacam ajang Piala Dunia-nya U-12," cetusnya.

Dikarenakan ini program spektakuler, lanjut Bagja, tak sembarang pemain bisa ambil bagian. Program Road to Barcelona diikuti pemain muda dengan kelahiran 2010-2011, diawali Seri Provinsi pada 21 Oktober-5 November mendatang. 

Juara dari masing-masing provinsi melaju ke Seri Nasional yang digelar di Sentul pada 10-12 November nanti. Nantinya ada talent scouting lokal dari BLiSPI dan scouting asal Spanyol dari NYXS. 

Mereka akan memilih 12 pemain terbaik yang akan dibawa ke Barcelona untuk bersaing di TicTac Cup pada 13-19 Desember 2022. 

"Sebelum ke Barcelona nanti anak-anak akan trainjng camp dulu. TC dilaksanakan seminggu setelah Seri Nasional usai," jelas Bagja.