In-depth

Deretan Negara yang Pernah Bubarkan Federasi Sepak Bolanya, PSSI Berikutnya?

Sabtu, 15 Oktober 2022 10:26 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Berikut deretan negara yang pernah membubarkan federasi sepak bolanya masing-masing, apakah PSSI menyusul? Copyright: © PSSI/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Berikut deretan negara yang pernah membubarkan federasi sepak bolanya masing-masing, apakah PSSI menyusul?

INDOSPORT.COM – Berikut deretan negara di bawah naungan FIFA yang pernah membubarkan federasi sepak bolanya masing-masing. Apakah PSSI berkemungkinan akan ikut bubar jalan?

Sebagaimana diketahui, Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) pada akhirnya telah menuntaskan tugas yang diberikan Presiden Joko Widodo untuk mengusut Tragedi Kanjuruhan.

Untuk hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menekankan jika pembentukan TGIPF hanya untuk membuat laporan.

Mahfud MD menjelaskan jika tugas TGIPF telah selesai dan laporan sudah diserahkan kepada Presiden Jokowi, sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 19 Tahun 2022.

Dalam laporannya, Mahfud MD mengungkapkan bahwa setelah memeriksa 32 CCTV yang berada di Stadion Kanjuruhan, tragedi jauh lebih mengerikan dari video yang beredar di dunia maya.

Kendati demikian, Mahfud MD menegaskan bahwa pemerintah secara normatif tidak bisa mengintervensi PSSI.

Namun menurut Mahfutd, berdasarkan negara yang memiliki dasar moral dan etik serta adiluhung, sudah sepatutnya jika ketua umum PSSI dan seluruh jajaran komite eksekutif mengundurkan diri.

Hal tersebut sebagai bentuk pertanggungjawaban moral atas 712 korban, di mana saat laporan disusun korban meninggal dunia telah mencapai 132 orang, 96 luka berat, 484 luka sedang/ringan yang bisa mengalami dampak jangka panjang.

Jika pada akhirnya Ketua dan jajaran Komite Eksekutif PSSI mundur, apakah federasi sepak bola Indonesia akan ikut dibubarkan seperti sejumlah negara-negara lainnya?

Berikut INDOSPORT akan mengulas negara-negara yang pernah membubarkan federasi sepak bola mereka.