Bola Internasional

5 Pelatih Top Sepak Bola yang Sering Dipecat Klub, Ada Mourinho!

Senin, 17 Oktober 2022 13:43 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© REUTERS/Lisi Niesner
Jose Mourinho memegang trofi UEFA Conference League pasca membawa AS Roma menjadi juara (26/05/22). (Foto: REUTERS/Lisi Niesner) Copyright: © REUTERS/Lisi Niesner
Jose Mourinho memegang trofi UEFA Conference League pasca membawa AS Roma menjadi juara (26/05/22). (Foto: REUTERS/Lisi Niesner)

INDOSPORT.COM - Menjadi seorang pelatih sepak bola apalagi di Eropa sangat sulit. Banyak pelatih top sepak bola yang sering dipecat klub, termasuk Jose Mourinho, siapa lagi?

Sepak bola memang menjadi salah satu olahraga yang populer tapi juga kejam bagi para profesional yang menggelutinya. 

Selain pemain, kursi pelatih di olahraga kulit bundar ini memang sering jadi sorotan terlebih ketika klubnya sedang tren negatif. 

Manajemen klub di era sepak bola modern ini pun diklaim tidak punya kesabaran yang tinggi perihal masa depan sang pelatih. 

Banyak pelatih yang dipecat jika tidak bisa memberikan tren positif untuk klubnya. Bahkan di antaranya cukup banyak pelatih dengan label top yang sering dipecat. 

Di era modern, ada Chelsea sebagai contoh klub yang tidak sabaran dengan pelatihnya, khususnya ketika kepemilikan Roman Abramovich yang lalu. 

Selama 19 tahun dimiliki oleh taipan asal Rusia itu, The Blues sudah menunjuk sebanyak 13 pelatih dan hanya tiga saja yang tidak dipecat. 

Hobi klub ibu kota Inggris itu memecat pelatihnya tidak peduli gelar yang sudah diberikan juga terlihat pada musim 2022/2023 ini. 

Yaitu ketika klub mencopot Thomas Tuchel dari jabatannya sebagai pelatih kepala Chelsea usai timnya kalah 1-0 secara mengejutkan dari Dinamo Zagreb di ajang Liga Champions.

Namun Tuchel bukanlah pelatih top yang sering dipecat oleh klub sepak bola. Berikut ini 5 pelatih top yang sering alami pemecatan.