Bola Internasional

Seperti Neymar, 5 Pesepak Bola Ini Terjerat Kasus Berat

Selasa, 18 Oktober 2022 00:01 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Reuters/Pascal Rossignol
Neymar saat laga Ligue 1 Prancis antara Reims v Paris Saint-Germain Copyright: © Reuters/Pascal Rossignol
Neymar saat laga Ligue 1 Prancis antara Reims v Paris Saint-Germain

INDOSPORT.COM - Dunia sepak bola tidak hanya sekadar di dalam lapangan, tetapi juga di luar lapangan. Sejumlah pemainnya pernah terlibat kasus berat yang mencoreng namanya.

Kasus-kasus yang dimaksud adalah seputar kasus judi, suap menyuap, korupsi, pajak, hingga pengaturan skor.

Atas tindakannya, para pemain yang terlibat dalam lingkaran setan ini akhirnya dijatuhi hukuman penjara maupun sanksi lainnya.

Seperti yang dilakukan Neymar Jr, bintang Paris Saint-Germain. Dia baru-baru ini menghadapi persidangan atas dugaan penyimpangan yang melibatkan kepindahannya ke Barcelona pada 2013.

Kasus ini melibatkan ayah Neymar, mantan presiden Barcelona Sandro Rosell, perwakilan Barcelona, dan perwakilan klub Santos.

Meski tidak sampai dikenakan hukuman penjara, tetapi pihak yang terlibat dijatuhi kewajiban membayar denda.

Selain Neymar, berikut lima pesepak bola lainnya yang juga terlibat kasus berat.

Paolo Rossi

Pahlawan Italia di Piala Dunia 1982 ini rupanya pernah terlibat skandal judi. Paolo Rossi masuk dalam lingkaran hitam skandal Totonero.

Saat itu, Rossi jadi bagian dari skuad Perugia. Skandal taruhan ini melibatkan tuduhan terhadap 33 pemain dan tiga presiden klub.

Akibatnya, Rossi dikenakan sanksi tiga tahun larangan beraktivitas di dunia sepak bola. Akan tetapi, ia mendapat keringanan dua tahun.

Sanksi itu pun akhirnya dicabut menjelang Piala Dunia 1982 dan Rossi mampu tampil baik dengan mengantarkan negaranya jadi jawara dalam edisi Piala Dunia tersebut.