Liga Indonesia

2 Pemain Keturunan Belanda untuk Piala Dunia U-20 Tiba di Jakarta, Urus KTP?

Minggu, 23 Oktober 2022 17:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Media PSSI
Dua pemain keturunan Indonesia-Belanda, Justin Hubner dan Ivan Jenner. Copyright: © Media PSSI
Dua pemain keturunan Indonesia-Belanda, Justin Hubner dan Ivan Jenner.

INDOSPORT.COM - Dua pemain keturunan Indonesia-Belanda, Justin Hubner dan Ivar Jenner, telah tiba di Jakarta, Minggu (23/10/22). Mereka akan berdiskusi dengan PSSI untuk proses perpindahan kewarganegaraan.

Justin dan Ivar merupakan pemain keturunan yang masuk proyeksi pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023. Kualitas keduanya sesuai syarat Shin Tae-yong.

Sebelumnya, direktur teknik Indra Sjafri, utusan PSSI, Hamdan Hamedan, dan asisten pelatih timnas Indonesia U-20, Kim Jong-jin yang merupakan analis pertandingan di timnas Indonesia, telah memantau langsung para pemain keturunan di Belanda.

Total ada 11 nama yang disodorkan Shin Tae-yong, tapi baru empat nama yang disebut masuk kriteria. Indra Sjafri sempat memberikan kode bahwa Justin dan Ivar merupakan pemain yang dipilih.

“Kemarin itu ada 11 pemain yang diminati oleh coach Shin Tae-yong dan saya lihat langsung sama asistennya coach Jin, lalu ada empat nama. Siapa saja? akan dirilis oleh Pak Ketum,” kata Indra Sjafri.

Ivar bermain untuk klub Belanda, FC Utrecht U-21 dan Justin merupakan bek tengah klub Inggris, Wolverhampton Wanderers U-21. Keduanya kini berusia 18 tahun dan disebut mau membela Timnas Indonesia.

“Ivan Jenner dan Justin Hubner? bisa jadi. Pokoknya saya ditugaskan memilih empat dari 11 nama, sesuai yang direkomendasikan,” ujar Indra Sjafri.

Justin Hubner mendapat darah Indonesia dari pihak ayah, sedangkan ibunya adalah keturunan Belanda. Justin mengakui bahwa ayahnya adalah sepenuhnya asli Indonesia karena kakek dan neneknya (dari pihak ayah) berasal dari Jakarta.

Justin mengawali kariernya bersama tim muda Belanda, Brabant, lalu kemudian pindah ke skuad muda Den Bosch pada 2017. Selanjutnya, dia merantau ke Liga Inggris pada awal 2020 dan bermain untuk Wolverhampton Wanderers U-21.