Liga Indonesia

Baru Teken Kontrak, 5 Pelatih Liga 1 Langsung Nganggur Usai Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 25 Oktober 2022 15:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Media PSIS
Pelatih PSIS, Ian Andrew Gillan saat memimpin anak asuhnya latihan pasca-laga lawan Bali United. Copyright: © Media PSIS
Pelatih PSIS, Ian Andrew Gillan saat memimpin anak asuhnya latihan pasca-laga lawan Bali United.

INDOSPORT.COM - Baru saja teken kontrak, lima pelatih asing di Liga 1 Indonesia 2022-2023 langsung menganggur, karena kompetisi dihentikan pasca-Tragedi Kanjuruhan di Jawa Timur.

Pergantian pelatih memang sudah biasa terjadi di pertengahan kompetisi Liga 1. Demikian pula yang terjadi di musim ini, pelatih asing pun datang silih berganti.

Ada klub yang dengan cepat merekrut pelatih pengganti, tetapi ada pula tim yang memerlukan cukup lama dalam menentukan siapa sosok yang tepat untuk meracik tim.

Naasnya, ketika pelatih baru sudah datang dan menandatangani kontrak, kompetisi Liga 1 2022-2023 justru dihentikan sampai batas waktu yang tak bisa ditentukan.

Sebab, selain untuk mengusut Tragedi Kanjuruhan yang memakan 135 korban jiwa di laga Arema FC vs Persebaya, juga perlu adanya pemulihan paska tragedi itu terjadi.

Alhasil, lima pelatih asing berikut ini langsung menganggur, padahal mereka sudah terlanjur menandatangani kontrak dengan tim masing-masing di Liga 1 2022.

1. Ian Andrew Gillan

Ian Andrew Gillan, sosok yang menjabat sebagai Direktur Teknik, mendadak harus didaftarkan sebagai pelatih sementara PSIS Semarang di Liga 1 2022-2023.

Baru naik jabatan pada akhir September 2022, Ian Gillan pun harus kecewa karena Tragedi Kanjuruhan terjadi di awal Oktober.

Ian Gillan bahkan belum menjalani debut bersama Laskar Mahesa Jenar, tetapi ia sudah harus menganggur karena Liga 1 harus dihentikan selama beberapa waktu.

Namun, saat ini pelatih asal Inggris tersebut terpantau tetap mendampingi skuat PSIS Semarang berlatih, walau kompetisi Liga 1 2022-2023 masih belum mendapatkan kejelasan.