Piala Dunia 2022

Menakar Potensi Sisa-sisa Generasi Emas Belgia di Piala Dunia 2022, Bisa Juara?

Rabu, 26 Oktober 2022 17:06 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Getty Images
Thomas Meunier defender of Belgium and Thibaut Courtois, 3 para penggawa Timnas Belgia. Copyright: © Getty Images
Thomas Meunier defender of Belgium and Thibaut Courtois, 3 para penggawa Timnas Belgia.

INDOSPORT.COM – Timnas Belgia hanya memiliki sisa-sisa potensi dari kejayaan generasi emas yang mulai menua. Bisakah tim asuhan Roberto Martinez juara Piala Dunia 2022?

Timnas Belgia dikenal memiliki generasi emas yang sudah turun setidaknya dalam dua Piala Dunia belakangan, yaitu edisi 2014 di Brasil dan 2018 di Rusia.

Generasi emas ini diisi oleh pemain yang bermain di klub top Eropa, yang kala itu diawali dengan masa kepelatihan sang legenda, Marc Wilmots.

Kala itu, legenda timnas Belgia ini memanggil pemain-pemain muda yang sudah moncer bersama klub top Eropa. Sebut saja Thibaut Courtois (Atletico Madrid), Kevin De Bruyne (Wolfsburg), Eden Hazard (Chelsea), dan Romelu Lukaku (Everton.

Selain itu,  ada beberapa pemain senior yang mampu menopang timnas Belgia, seperti Daniel van Buyten (Bayern Munchen), Vincent Kompany (Manchester City), Thomas Vermaelen (Arsenal), hingga Marouane Fellaini (Manchester United).

Susunan pemain ini setidaknya mampu memperlihatkan jika Belgia punya kekuatan sepak bola yang dahsyat dan mampu mencapai babak perempat final Piala Dunia 2014.

Sebelumnya, Belgia mampu tampil digdaya  di penyisihan grup dengan mampu menang dalam pertandingan grup H Piala Dunia 2014.

Pada pertandingan perdana, Belgia mampu menang atas Aljazair dengan gol yang dicetak oleh Dries Mertens dan Marouane Fellaini.

Selanjutnya, duel Eropa terjadi manakala Belgia memenangi laga melawan Rusia 1-0 dengan gol yang dicetak oleh Divock Origi.

Pertandingan ketiga pun masih saja mampu dimenangi Belgia, dengan mengalahkan Korea Selatan dengan skor tipis 1-0.