Liga Indonesia

Jawaban PSSI Soal Rumor Shin Tae-yong 'Membelot' ke Vietnam, Masih Gantung?

Jumat, 28 Oktober 2022 19:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sekjen PSSI, Yunus Nusi. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dikaitkan dengan Vietnam setelah Park Hang-Seo dikabarkan tidak memperpanjang kontrak.

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) gagal menemukan kesepakatan dengan Park Hang-seo terkait perpanjangan kontrak. Padahal, masa kerja juru taktik berusia 65 tahun itu akan rampung pada akhir Januari 2023.

Artinya, Piala AFF 2022 akan menjadi turnamen terakhir Park Hang-seo sebagai pelatih Vietnam. Media setempat, Bongda VN, menyebut sejumlah kandidat pengganti, termasuk Shin Tae-yong.

"Menurut prediksi para ahli dan penggemar, tiga nama yang paling diapresiasi adalah mantan pelatih Vietnam U-19 Philippe Troussier, pelatih Indonesia, Shin Tae-yong dan pelatih klub HAGL, Kiatisuk,” tulis Bongda dalam artikel yang diterbitkan Kamis (27/10/22).

Menanggapi rumor tersebut, Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengaku belum mengetahuinya. Hal yang sama juga diakui oleh direktur teknik PSSI, Indra Sjafri.

"Kami belum tahu itu (rumor Shin Tae-yong diminati timnas Vietnam)," kata Yunus Nusi singkat saat ditemui di Senayan, Jumat (28/10/22).

Sementara itu, PSSI melalui ketua umum, Mochamad Iriawan, menyatakan akan memperpanjang kontrak Shin Tae-yong. Kinerja juru taktik berusia 52 tahun itu dianggap memuaskan. 

Selama menangani timnas Indonesia dari beberapa level usia, Shin Tae-yong mampu berikan catatan apik. Dia meloloskan tim senior ke Piala Asia 2023 dan timnas U-20 ke Piala Asia 2023.

Dia juga membawa timnas senior menjadi runner up di Piala AFF 2020 dengan memainkan banyak pemain muda. Di SEA Games 2021, timnas U-23 diantarkan meraih medali perunggu.