Liga Inggris

Menelusuri Sejarah Pahit Manchester United Ketika Terdegradasi dari Kasta Tertinggi Liga Inggris

Sabtu, 29 Oktober 2022 17:58 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Getty Images
Sir Alex Ferguson (kiri) saat berpamitan di laga terakhirnya bersama Manchester United. Copyright: © Getty Images
Sir Alex Ferguson (kiri) saat berpamitan di laga terakhirnya bersama Manchester United.

INDOSPORT. COM - Manchester United adalah klub tersukses di Liga Inggris. Walau beberapa tahun terakhir prestasi mereka mengalami penurunan, faktanya Setan Merah telah mengoleksi 20 gelar juara Liga Inggris.

Tak ada satupun tim Liga Inggris lainnya yang mampu menyamai perolehan trofi Setan Merah. Jumlah piala Man United masih jadi yang terbanyak sampai sekarang.

Momen-momen indah yang mungkin paling diingat para pendukung Man United dewasa ini adalah eksistensi tim sepanjang dibesut Sir Alex Ferguson. Utamanya sejak Liga Inggris berganti format jadi Premier League, publik Old Trafford begitu bergembira. 

Man United diisi pemain-pemain bintang yang kini dianggap jadi legenda klub, seperti Eric Cantona, David Beckham, Cristiano Ronaldo, Ryan Giggs, Paul Scholes, Roy Keane, Wayne Rooney, dan lain sebagainya. Setan Merah pun berhasil mendulang 13 trofi juara liga dan tak sekalipun masuk ke jurang degradasi.

Namun, harus diakui bahwa sepeninggal Ferguson yang pensiun melatih pasca menjuarai Premier League 2012/13, keceriaan Man United terbilang padam drastis. Tim belum pernah menjuarai Premier League lagi.

Sejumlah pelatih hebat, seperti Louis van Gaal dan Jose Mourinho, sudah mencoba meneruskan apa yang dilakukan Man United zaman Ferguson dulu, tapi ujungnya tetap saja menemui kata kegagalan.

Sebenarnya wajar kalau ada di antara kalian para fans Man United yang merasa malu atas kemerosotan prestasi tim idola kalian itu. Namun ada baiknya sifat bersyukur selalu diutamakan.

Setidaknya kalian tetap dapat melihat Man United eksis di pentas Premier League. Kalian lebih beruntung dibanding fans Man United yang sudah mendukung klub pada musim 1973/74 dan 1974/75 silam. 

Percayalah, kala itu nasib Man United amat mengenaskan, dan kalian pasti tak akan kuat menanggung kepedihan. Periode suram tiba-tiba terjadi menimpa Manchester United yang menerima nasib pahit terdegradasi dari kasta tertinggi Liga Inggris.