Liga Indonesia

Selain Percepat KLB, PSSI Juga Perintahkan PT LIB Segera Lakukan RUPS

Sabtu, 29 Oktober 2022 22:35 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Foto: Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Foto: Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

INDOSPORT.COM - PSSI baru saja akan mempercepat Kongres Luar Biasa (KLB). Keputusan ini ditambah dengan instruksi kepada PT LIB untuk segera menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Diketahui, PSSI mengumumkan akan mempercepat proses KLB. Keputusan ini didapat usai menggelar Emergency Metting pada Jumat (28/10/22) malam.

Tidak hanya akan segera mempercepat KLB, PSSI juga akan meminta PT LIB melakukan RUPS. Hasil Emergency Metting diumumkan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Bukan tanpa alasan PSSI meminta PT LIB segera melakukan RUPS. Sebab, Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, saat ini sedang ditahan karena menjadi tersangka kasus Tragedi Kanjuruhan, 1 Oktober lalu.

Ditahannya Lukita membuat posisi Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) saat ini lowong. Sehingga, RUPS juga harus disegerakan.

"Selain itu rapat Exco juga meminta PT LIB untuk melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) sesuai proses hukum yang dialami Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita," ucap Mochamad Iriawan.

Desakan kepada PSSI untuk segera melakukan KLB memang belakangan santer terdengar. Semua ini tak lepas dari Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 orang dan ratusan lainnya mengalami luka ringan maupun berat.

Selain itu, desakan KLB juga sudah datang dari dua anggota PSSI, yakni Persis Solo dan Persebaya Surabaya yang melayangkan surat permintaan resmi.

"Exco PSSI memutuskan untuk mempercepat kongres luar biasa pemilihan dengan memperhatikan surat yang dikirim oleh dua anggotanya," terang Iriawan.

"Dikarenakan Exco PSSI tidak ingin terjadi perpecahan di antara para anggotanya dan Exco PSSI adalah mandataris yang dipilih oleh delegasi (voters) yang mewakili anggota PSSI. Tahapan KLB akan kami mulai dari berkirim surat pemberitahuan kepada FIFA berisi usulan kongres," pungkasnya.