Piala Dunia 2022

Kisah Fernando Muslera, Kiper Paling Sial Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Minggu, 30 Oktober 2022 13:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Getty Images
Fernando Muslera saat berusaha menghalau bola di Piala Dunia 2018. Copyright: © Getty Images
Fernando Muslera saat berusaha menghalau bola di Piala Dunia 2018.

INDOSPORT.COM - Berikut kisah tragis Fernando Muslera, penjaga gawang timnas Uruguay yang dijuluki kiper paling sial di sepanjang sejarah Piala Dunia.

Kick-off Piala Dunia 2022 sudah di depan mata. Hajatan sepak bola terakbar ini akan berlangsung di Qatar pada 20 November hingga 18 Desember nanti.

Sebagai kompetisi terbesar, Piala Dunia turut memberikan penghargaan khusus, yaitu Golden Glove Award, kepada kiper terbaik selama gelaran empat tahunan itu.

Penghargaan ini baru diadakan pada Piala Dunia 2010. Iker Casillas, Manuel Neuer, dan Thibaut Courtois adalah kiper yang sudah memenangi Golden Glove Award.

Bicara soal kiper tebaik Piala Dunia, ada pula sisi menarik yang bisa dikulik. Ada kiper yang dinobatkan sebagai penjaga gawang paling sial dalam turnamen ini.

Apa jadinya jika dalam kompilasi video gol-gol terbaik di Piala Dunia, kipernya selalu itu-itu saja? Tragis! Hal itulah yang dirasakan oleh sosok Fernando Muslera.

Berikut beberapa momen di mana Musrela kebobolan gol spektakuler di berbagai edisi Piala Dunia, membuatnya jadi kiper paling sial.

1. Gol Sulley Muntari (Piala Dunia 2010)

Fernando Muslera menjalani debutnya sebagai kiper utama Uruguay di Piala Dunia 2010. Melenggang ke perempat final, mereka menghadapi Ghana.

Pertandingan berjalan ketat, tetapi Ghana sukses memecah kebuntuan lewat gol Sulley Muntari di menit ke-45. Ia ambil tendangan mendatar dari jarak sekitar 35 meter dari kiper.

Akurasi tembakan yang mengarah ke pojok bawah kiri gawang tak mampu dijangkau Muslera. Gol tersebut menjadi salah satu yang terbaik di Piala Dunia 2010.