Liga Indonesia

Dua Pelatih Persis Solo Susul Timnas U-20 ke Turki, Berguru ke Shin Tae-yong?

Senin, 31 Oktober 2022 22:13 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Klub Liga 1 Indonesa, Persis Solo harus merelakan dua sosok pelatihnya untuk pergi ke Turki dan bergabung dengan skuad Timnas Indonesia U-20. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Klub Liga 1 Indonesa, Persis Solo harus merelakan dua sosok pelatihnya untuk pergi ke Turki dan bergabung dengan skuad Timnas Indonesia U-20.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1 Indonesa, Persis Solo harus merelakan dua sosok pelatihnya untuk pergi ke Turki dan bergabung dengan skuad Timnas Indonesia U-20.

Bukan tanpa alasan tim pelatih Persis tersebut ikut menyambangi Timnas U-20 di Turki, lantaran ada sebuah misi yang harus mereka jalani yakni berguru tentang filosofi sepak bola dibawah arahan langsung Shin Tae-yong.

Dua sosok pelatih Persis Solo yang menyusul Timnas U-20 adalah Sofie Imam Faisal dan Haryanto "Tommy" Prasetyo. Sofie selama ini merupakan pelatih fisik dari Persis U-20 dan Tommy merupakan pelatih Persis U-16 dan U-18.

Bagi Sofie, masuk dalam staf kepelatihan Timnas muda bukanlah hal yang baru. Sofie pernah masuk staf kepelatihan Timnas U-19 saat masih dikepalai Fakhri Husaini.

Sementara bagi Tommy, dia menyusul sang kakak, Indriyanto Nugroho, ke skuat Timnas muda. Indriyanto sudah masuk dalam Timnas U-17, sebagai salah satu asisten Bima Sakti.

Kedua sosok ini mulai bertugas bersama Timnas U-20 pada 31 Oktober hingga 5 Desember 2022. Kabarnya, kedua sosok ini akan berguru filosofi sepak bola yang dibentuk Shin Tae-yong.

Ketika sudah memiliki filosofi yang sama, keduanya akan dilepas dan dipersiapkan untuk memegang Timnas kelompok lain. Berbekal pengalaman di Turki kali ini, diharapkan mereka sudah punya kesamaan standar dengan STY.

Rumor menyebut bahwa Tommy dan Sofie akan memegang Timnas U-23 untuk mengikuti SEA Games 2023 di Kamboja. Keduanya akan menjadi asisten dari Nova Arianto.

Namun, dalam keterangan pemanggilan kali ini, status Tommy dan Sofie merupakan percobaan sebagai asisten pelatih Timnas U-20. Setelah beberapa hari di Turki, rombongan akan berpindah ke Spanyol.

Bagi Sofie, pemanggilan ke Turki untuk gabung Timnas U-20 merupakan sebuah kehormatan besar. Setiap pelatih maupun pemain pasti ingin bisa membawa negaranya berpentas di internasional.

"Timnas adalah sebuah kehormatan setiap individu, baik pelatih ataupun pemain. Bisa dianggap ini cita-cita tertinggi dalam karir seorang pelatih" kata Sofie.