Piala Dunia 2022

4 Skandal Wasit Paling Fatal di Piala Dunia, Salah Satunya Libatkan Diego Maradona

Rabu, 2 November 2022 15:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© The Australian
Byron Moreno berdebat dengan Angelo Di Livio kala memberi pelanggaran pada Fransesco Totti di Piala Dunia 2002. Copyright: © The Australian
Byron Moreno berdebat dengan Angelo Di Livio kala memberi pelanggaran pada Fransesco Totti di Piala Dunia 2002.

INDOSPORT.COM - Berikut empat skandal wasit paling fatal di sepanjang perhelatan Piala Dunia. Salah satunya melibatkan sosok Diego Maradona.

Kickoff Piala Dunia 2022 sudah di depan mata. Ajang sepak bola terbesar antar negara ini akan berlangsung di Qatar, pada 20 November hingga 18 Desember nanti.

Semua tim tentu ingin mendapatkan hasil terbaik di Piala Dunia 2022 Qatar. Namun, keputusan akhir tetap ada di tangan wasit.

Hanya saja, pada praktiknya, tidak semua wasit mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Sejumlah skandal memalukan pernah tercatat dalam sejarah Piala Dunia.

Berikut INDOSPORT merangkum empat skandal wasit paling fatal yang pernah terjadi di ajang sekelas Piala Dunia.

1. Korea Selatan vs Italia (Piala Dunia 2002)

Menjadi tuan rumah Piala Dunia tentu ada sisi menguntungkan. Dukungan suporter dan bermain di kandang sendiri menjadi modal untuk bisa meraih kemenangan.

Salah satu contohnya adalah Korea Selatan di Piala Dunia 2002. Korsel yang bertindak sebagai tuan rumah, tampil trengginas dan akhirnya melenggang ke babak semifinal.

Namun, penampilan impresif tim Korea tak terlepas dari keputusan kontroversial wasit.

Saat menghadapi Italia di babak 16 besar, banyak pihak menuding Korsel diuntungkan oleh wasit asal Ekuador, Byron Moreno.

Kala itu, Moreno memberikan kartu merah kepada Francesco Totti yang dituduh diving, padahal Totti dijegal pemain Korea Selatan.

Moreno pula yang dituding menjadi biang kegagalan Italia melaju ke perempat final. Gli Azzurri kalah di angka 1-2, melalui gol Ahn Jung-hwan pada babak injury time.