Piala Dunia 2022

4 Negara yang Bisa Halangi Timnas Italia Gantikan Tunisia atau Iran di Piala Dunia 2022

Kamis, 3 November 2022 21:18 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© REUTERS/Guglielmo Mangiapane
Alessandro Florenzi terpukul usai Italia dikalahkan Makedonia Utara di Playoff Kualifikasi Piala Dunia (REUTERS/Guglielmo Mangiapane) Copyright: © REUTERS/Guglielmo Mangiapane
Alessandro Florenzi terpukul usai Italia dikalahkan Makedonia Utara di Playoff Kualifikasi Piala Dunia (REUTERS/Guglielmo Mangiapane)

INDOSPORT.COM - Berikut empat negara yang bisa menghalangi Timnas Italia untuk gantikan Tunisia dan Iran di ajang bergengsi Piala Dunia 2022 di Qatar.

Seperti diketahui, Tunisia dan Iran terancam dicoret dari Piala Dunia 2022 yang akan digelar di Qatar pada 20 November hingga 18 Desember 2022 mendatang.

Iran kini sedang menghadapi masalah soal isu digaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) karena melawang wanita masuk ke dalam stadion menonton laga sepak bola.

Bukan hanya itu, Iran juga dinilai mendukung invasi Rusia dengan mengirimkan lebih banyak rudal-drone ke negara Eropa Utara tersebut.

Hal ini dibuktikan saat ibu kota Ukraina, Kyiv, terjebak oleh drone ‘kamikaze’ buatan Iran yang dikerahkan oleh pasukan Rusia pada pekan lalu.

Aksi politik Iran tersebut mendapat sorotan dari CEO Shakhtar Donetsk, Sergei Palkin. Jadi, pencoretan keikutsertaan Iran di Piala Dunia 2022 bisa dianggap sebagai hukuman yang setimpal.

Nasib Iran di Piala Dunia 2022 ini tentunya mendapat perhatian dari pihak AFC. Namun, induk sepak bola Asia tersebut memilih lepas tangan dan akan membiarkan FIFA memutuskan nasib Iran.

“Ini adalah Piala Dunia FIFA oleh karena itu FIFA yang memutuskan,” kata Sekretaris Jenderal AFC Datuk Seri Windsor Paul John dilansir dari NST.