Piala Dunia 2022

6 Negara Asia yang Baru Sekali Tampil di Piala Dunia: Ada Indonesia hingga Irak

Kamis, 3 November 2022 20:41 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© viva.co.id
Timnas Hindia Belanda saat Piala Dunia 1938 silam. Copyright: © viva.co.id
Timnas Hindia Belanda saat Piala Dunia 1938 silam.

INDOSPORT.COM - Berikut enam negara dari Benua Asia yang tercatat baru sekali tampil di ajang sepak bola terakbar yakni ajang Piala Dunia, termasuk ada Indonesia.

Seperti diketahui, seluruh pecinta sepak bola sejagat raya sebentar lagi akan menikmati turnamen antar negara paling bergengsi yakni Piala Dunia 2022 di Qatar.

Piala Dunia 2022 dijadwalkan bakal digelar pada 20 November hingga 18 Desember mendatang. Sudah ada 32 negara yang telah lolos dan bakal ikut meramaikan ajang empat tahunan ini.

Sebelum Piala Dunia 2022 dimulai, berikut INDOSPORT telah memberikan informasi mengenai sejarah ajang sepak bola paling akbar tersebut.

Ada enam negara dari Benua Asia yang ternyata baru sekali tampil di Piala Dunia. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, mari simak rangkuman berikut ini:

Hindia Belanda (Kini Jadi Timnas Indonesia)

Sebagaimana diketahui, sebelum Indonesia merdeka, seluruh wilayah Tanah Air masih berada di bawah pemerintahahan Hindia Belanda.

Saat Piala Dunia 1938 silam di Prancis akan digelar, Hindia Belanda mendapatkan keberuntungan. Jepang yang memutuskan mundur karena perang membuat Hindia Belanda ditunjuk menjadi pengganti.

Sayang langkah mereka langsung terhenti di babak pertama karena dibantai oleh Hungaria dengan skor telak enam gol tanpa balas alias 0-6.

Setelah Piala Dunia 1938 selesai, skuat Hindia Belanda perlahan-lahan menghilang. Puncaknya ketika Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945 dan Hindia Belanda tak pernah ada lagi.

Setelah merdeka hingga sekarang, Merah Putih selalu memakai nama kebanggaan yakni Timnas Indonesia. Sayang, sepak bola Indonesia masih kalah bersaing di Asia dan belum pernah lolos ke Piala Dunia.