Bola Internasional

Persiapan Piala AFF 2022, Timnas Indonesia Senior Mulai Gelar TC Akhir Bulan Ini

Kamis, 3 November 2022 18:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© PSSI
Timnas Indonesia Senior akan menggelar TC di Bali guna persiapan menghadapi kejuaraan Piala AFF 2022. Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia Senior akan menggelar TC di Bali guna persiapan menghadapi kejuaraan Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia akan berpartisipasi di Piala AFF 2022 dan berapa di Grup A. Skuad Garuda bersaing dengan Thailand, Filipina, Kamboja dan pemenang antara Brunei atau Timor Leste. 

Untuk persiapan ke kejuaraan dua tahunan tersebut, PSSI berencana menggelar pemusatan latihan pada akhir bulan ini. Hal itu disampaikan oleh direktur teknik PSSI, Indra Sjafri. 

"Kita juga ada persiapan pemusatan latihan timnas senior mulai tanggal 28 November nanti," kata Indra Sjafri. 

Akan tetapi, kemungkinan besar awal latihan Timnas senior tidak didampingi pelatih kepala, Shin Tae-yong. Juru taktik asal Korea Selatan itu masih memimpin TC Timnas Indonesia U-20 di Eropa hingga 4 Desember nanti. 

Meski demikian, Indra Sjafri menjelaskan jika PSSI dan Shin Tae-yong telah mempersiapkan semuanya dengan rapi. Nantinya ada pelatih yang mendampingi latihan tim senior lebih awal. 

"Jadi pasti coach Shin akan bagi waktu untuk membuat road map di antara semua timnas senior dan U-20 supaya nanti benar-benar terlaksana dengan baik," jelas Indra Sjafri. 

Sementara untuk jumlah dan nama pemain yang dipanggil untuk persiapan ke Piala AFF 2022, PSSI masih merahasiakannya. Indra Sjafri menyampaikan informasinya akan dirilis kemudian oleh federasi berdasarkan keputusan Shin Tae-yong. 

"Nanti dirilis PSSI. Nama pemain, tempat TC pasti akan dirilis," ujar Indra Sjafri. 

Di sisi lain, ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, membocorkan jika TC Timnas jelang AFF 2022 akan digelar di Bali. 

Ketum PSSI juga menjamin rencana strategis (roadmap) Timnas Indonesia tak akan terganggu oleh pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB). Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menyebut roadmap Tim Merah Putih masih sesuai rencana awal.