Liga Indonesia

Piala AFF: Terusir dari GBK, Timnas Indonesia Diminta Cari Stadion Lain

Rabu, 2 November 2022 21:14 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia dipastikan tidak akan bermarkas di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta dalam ajang Piala AFF 2022.

Hal ini diutarakan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Alasannya, Gelora Bung Karno harus steril untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Piala AFF 2022 sendiri kembali menggunakan format home-away. Sehingga, timnas Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah sebanyak dua kali.

Di Piala AFF 2022, timnas Indonesia bergabung dalam Grup A bareng Thailand, Filipina, Kamboja, dan pemenang play-off antara Brunei Darussalam vs Timor Leste.

Sayang, timnas Indonesia tidak bisa menjamu tamunya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Hal ini ditegaskan oleh Menpora Zaiinudin Amali.

"Tidak boleh. Pokoknya begitu sudah mulai masuk Kementerian PUPR untuk merenovasi, SUGBK sudah ditujukan untuk Piala Dunia U-20 2023," ungkap Zainudin Amali.

Zainudin Amali menambahkan, timnas Indonesia bisa mencari stadion alternatif lain untuk dijadikan home base selama Piala AFF 2022.

"Kan banyak yang nggak dipakai, seperti Stadion Pakansari, Stadion Patriot, itu kan nggak dipakai Piala Dunia," tukas Zainudin Amali.

Sekadar mengingatkan, Piala AFF 2022 dijadwalkan berlangsung pada 22 Desember hingga 16 Januari 2023. Timnas Indonesia belum pernah juara sejak turnamen ini pertama kali digelar pada 1996 dengan nama Piala Tiger.