In-depth

4 Pelatih yang Tetap Sukses Saat Kembali ke Klub Lamanya, Siapa Saja?

Jumat, 4 November 2022 16:57 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT
Jose Mourinho saat masih menjadi pelatih Chelsea. Copyright: © INDOSPORT
Jose Mourinho saat masih menjadi pelatih Chelsea.

INDOSPORT.COM – Berikut deretan pelatih yang tetap meraih kesuksesan setelah kembali ke klub lamanya. Siapa sajakah mereka?

Menjadi seorang pelatih juga memiliki siklus yang kurang lebih sama dengan seorang pemain sepak bola. Seorang pelatih pasti juga akan mendapati kontraknya habis dan tak diperpanjang.

Terburuknya, jika seorang pelatih membawa timnya tampil buruk, besar kemungkinan pemecatan akan meghampiri dirinya.

Namun, siapa sangka, meskipun hubungan kerja sama dengan klub bisa berakhir, beberapa pelatih mampu menjaga hubungan baik dengan mantan klub yang dilatihnya.

Tak jarang, beberapa pelatih yang secara terpaksa meninggalkan klub tersebut dapat kembali melatih di klub yang sudah membuangnya.

Sebut saja Jose Mourinho. Mourinho adalah pelatih yang sangat lekat di telinga para penggemar klub Liga Inggris, Chelsea.

Bersama Chelsea, Mourinho memberikan kesuksesan kepada klub yang bermarkas di Stamford Bridge tersebut. Puncaknya, dirinya pernah membawa The Blues juara Liga Inggris dua kali berturut-turut pada musim 2004/05 dan 2005/06.

Meski begitu, pada musim 2006/07, keadaan memburuk. Jose Mourinho yang sebelumnya adem ayem dikabarkan berselisih dengan bos Chelsea saat itu, Roman Abramovich. Mourinho pun akhirnya dipecat.

Pasang surut ditinggal Mourinho, Chelsea kembali merekrutnya pada 2013. Tak butuh waktu lama, pada musim 2014/15 Mourinho kembali membawa Chelsea memenangkan Liga Inggris.

Nasib bolak-balik ke klub lama tampaknya tak hanya dirasakan oleh Jose Mourinho. Berikut deretan pelatih lain yang memiliki siklus serupa dengan The Special One.