Liga Indonesia

'Bisikan Maut' Shin Tae-yong Agar Timnas U-20 Kembali Hajar Moldova U-20

Jumat, 4 November 2022 18:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Media PSSI
Pertandingan uji coba timnas Indonesia U-20 kontra Moldova. Copyright: © Media PSSI
Pertandingan uji coba timnas Indonesia U-20 kontra Moldova.

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, ingin anak asuhnya tampil lepas menjelang uji coba kedua dengan Moldova U-20, Jumat (4/11/22) pukul 19.30 WIB. Hal itu dikatakannya agar taktik dan strategi berjalan lancar.

Bek timnas Indonesia U-20, Marcell Januar, menyampaikan bahwa Shin Tae-yong mengingatkan mereka supaya tidak terburu-buru dan lebih percaya diri saat memegang bola.

"Coach Shin Tae-yong kasih instruksi, di mana kami harus lebih percaya diri, tetapi jangan terlalu terbebani. Harus lebih santai, menikmati pertandingan. Intinya jangan terlalu terbebani saja," kata Marcell.

Persiapan untuk laga kedua melawan Moldova dikatakan Marcell sudah matang. Meski menang 3-1 di uji coba pertama, tiga hari lalu, tim pelatih tetap melakukan evaluasi.

"Ada game possession, ada shadow (tanpa bola), dan ada kesalahan yang diperbaiki untuk pertandingan agar tidak terulang. Harapannya, semoga lebih baik lagi dari laga sebelumnya. Yang penting menang," imbuhnya.

Sementara itu, penyerang milik Barito Putera, Rahmat Beri, menambahkan, Shin Tae-yong telah mematangkan transisi permainan, dari menyerang ke bertahan dan sebaliknya.

Sebelumnya, Shin Tae-yong menyoroti skema bertahan yang masih saja kecolongan dalam laga uji coba pertama melawan Moldova U-20.

Dia meminta anak asuhnya agar lebih sabar dan cerdas membaca permainan. Hal itu untuk mengurangi resiko serangan balik cepat oleh lawan.

"Masalah pertahanan. Kami harus bisa bertahan dan harus bisa menunda, menunggu. Dengan tidak menunda maka memberikan peluang kepada lawan. Harus lebih cerdas sebagai pemain bertahan," ujar Shin Tae-yong.