Bola Internasional

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong Incar 1 Nama Baru untuk Piala Dunia U-20 2023

Jumat, 4 November 2022 11:23 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong saat preskon usai pertandingan. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong saat preskon usai pertandingan.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong ternyata masih mengincar satu pemain tambahan untuk proyeksi Piala Dunia U-20 2023. Jadi total ada lima nama yang menarik perhatian juru taktik asal Korea Selatan itu.

Sebelumnya, sudah ada dua nama yang diajukan secara resmi yakni Ivar Jenner dan Justin Hubner. Keduanya pun telah datang ke Jakarta beberapa waktu lalu dan menjalani prosedur naturalisasi.

Sedangkan dua nama lainnya belum diminta secara resmi oleh Shin Tae-yong untuk diproses jadi warga negara Indonesia. Jadi, identitas mereka belum diketahui.

Tapi, ternyata masih ada satu nama yang masuk list cadangan. Sosok baru itu dianggap bisa diperhitungkan karena punya potensi.

"Coach Shin rekomendasikan empat pemain, yang 11 itu baru list yang harus dilihat. Jadi kami ke Belanda dan coach Indra Sjafri dan coach Kim Jong-jin pantau langsung pertandingan dan latihan mereka dan laporkan. Lalu coach Shin secara resmi mengajukan empat nama," kata utusan PSSI, Hamdan Hamedan yang ditugasi mengurus naturalisasi.

"Tapi sebenarnya masih ada satu yang waiting list. Jadi empat plus satu karena yang pemain ini dilihat mungkin ada potensi, dan itu hak coach Shin," imbuhnya.

Meski demikian, Hamdan belum bisa membocorkan nama pemain 'cadangan' tersebut. Dia menjelaskan, hal itu baru bisa dipublikasi apabila Shin Tae-yong telah mengajukan secara resmi seperti Ivar Jenner dan Justin Hubner.

Hal tak jauh berbeda juga disampaikan Sekjen PSSI, Yunus Nusi. Dia mengatakan nama lain untuk proyeksi Piala Dunia U-29 2023 hanya akan dirilis jika sudah diminta secara resmi.

PSSI memberikan wewenang ke Shin Tae-yong untuk memilih pemain sesuai kebutuhan. Apabila nama incaran juga bersedia dinaturalisasi, baru PSSI akan memprosesnya.

"Belum (nama lain), kami masih menunggu juga dari Shin Tae-yong. Ada beberapa sudah nominasi, tapi belum bisa diumumkan karena kepastian siapa nominasi baru nanti," tutur Yunus Nusi.