Piala Dunia 2022

Profil Tim Piala Dunia 2022: Prancis, Awas Kutukan Juara Bertahan!

Jumat, 4 November 2022 16:10 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Profil tim Piala Dunia 2022 dari Grup D Prancis sang juara bertahan yang harus mewaspadai kutukan para pemenang di babak penyisihan. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Profil tim Piala Dunia 2022 dari Grup D Prancis sang juara bertahan yang harus mewaspadai kutukan para pemenang di babak penyisihan.

INDOSPORT.COM – Berikut profil tim Piala Dunia 2022 dari Grup D, Prancis, sang juara bertahan yang harus mewaspadai kutukan para pemenang pada babak penyisihan.

Tergabung di Grup D, Timnas Prancis diprediksi bakal mudah melewati babak penyisihan Piala Dunia 2022 lantaran hanya akan menghadapi Australia, Denmark serta Tunisia.

Berkaca dari ranking FIFA saat ini, jelas Prancis sangat jauh diunggulkan dari tiga kontestan lain dan mungkin hanya Denmark yang bisa jadi batu sandungan.

Akan tetapi, Prancis tetap tak boleh anggap enteng tim-tim lain di Grup D lantaran ada satu kutukan yang biasanya bikin sial para juara bertahan Piala Dunia.

Tercatat sejak Piala Dunia 1998, tidak ada tim selain Brasil yang berhasil lolos dari penyisihan grup setelah keluar sebagai juara Piala Dunia edisi sebelumnya.

Bahkan Prancis pun sempat merasakan kutukan tersebut pada Piala Dunia 2002. Setelah keluar sebagai juara di tahun 1998, skuad Les Bleus gagal lolos dari Grup A lantaran finis di posisi juru kunci usai catatkan sekali imbang dan dua kali kalah.

Sementara di edisi Piala Dunia 2018 lalu, Jerman yang jadi juara edisi sebelumnya juga gagal lolos dari penyisihan grup bahkan finis di urutan keempat setelah telan dua kekalahan.

Tak cuma faktor kutukan juara bertahan, Prancis juga diprediksi bakal tampil pincang setelah sejumlah bintang utama mereka alami cedera.

Sejauh ini sudah ada empat pemain Prancis yang cedera dan berpotensi absen dari Piala Dunia 2022, yakni Jules Kounde, Raphael Varane, Aurelien Tchouameni serta Paul Pogba.

Lantas dengan fakta di atas, akankah Prancis bisa melangkah jauh di gelaran Piala Dunia 2022 nanti? Atau malah ikut terkena kutukan sang juara bertahan dan gagal lolos dari penyisihan grup.