Bola Internasional

5 Negara Mayoritas Islam di Asia yang Baru Sekali Tampil di Piala Dunia

Jumat, 4 November 2022 13:11 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS
Trofi Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS. Copyright: © Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS
Trofi Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS.

INDOSPORT.COM - Sejumlah negara di kawasan Asia dengan penduduk mayoritas muslim yang kekuatan sepak bolanya belum kuat banget saat ini, ternyata sudah pernah merasaan tampil di Piala Dunia.

Kurang dari beberapa pekan lagi, para pecinta sepak bola di seluruh bumi akan dimanjakan dengan tontonan menarik, dan ditunggu-tunggu yakni Piala Dunia 2022.

Piala Dunia 2022 ini akan diselenggarakan di Qatar pada 20 November hingga 18 Desember 2022 mendatang.

Ini merupakan pertama kalinya Piala Dunia digelar di musim dingin untuk Eropa. Biasanya FIFA selalu menggelar di akhir kompetisi atau musim panas.

Total ada 32 tim yang sudah memastikan diri akan tampil di putaran final, untuk merebut trofi berlapis emas paling bergengsi itu. 

Untuk negara Asia sendiri yang secara tidak langsung menjadi tuan rumahnya, diwakili oleh tim-tim kuat seperti Australia, Korea Selatan, Jepang hingga Arab Saudi.

Dalam kiprahnya, negara-negara di atas beberapa kali membuat kejutan di ajang empat tahunan itu.

Wajar saja, karena mereka juga sudah berpengalaman tampil di Piala Dunia, sehingga bisa meraih hasil maksimal.

Hal itu tidak lepas dari kebijakan FIFA yang hanya memberikan jatah 4 sampai 5 negara Asia yang bisa lolos ke Piala Dunia.

Jumlah tersebut sangat sedikit dibanding konfederasi yang lain seperti Conmebol, Eropa hingga Concacaf.

Sehingga Asia hanya bisa diwakili oleh tim-tim kuat itu-itu saja seperti Jepang dan Korea Selatan, Australia serta Arab Saudi. Kondisi ini membuat persaingan tim nasional di AFC sangatlah ketat.

Kendati demikian, ternyata ada beberapa tim Asia underdog terutama dari negara yang mayoritas perpenduduk Islam, dan baru pertama kali masuk di ajang Piala Dunia sejak pertama kali digelar tahun 1930. Negara mana saja?