Liga Indonesia

Uji Coba Lawan Sesama Klub Liga 1, Pelatih Brasil Bongkar Masalah Borneo FC

Jumat, 4 November 2022 20:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Media Borneo FC
Pelatih Borneo FC, Andre Gaspar. Copyright: © Media Borneo FC
Pelatih Borneo FC, Andre Gaspar.

INDOSPORT.COM - Borneo FC sedang menjalani pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta dan bersiap menghadapi sesama tim Liga 1 Indonesia dalam agenda uji coba. Pesut Etam berlatih sejak 26 Oktober lalu.

Pelatih Borneo FC, Andre Gaspar, tetap menjalankan program latihan mengingat rencananya Liga 1 2022-2023 akan dilanjutkan sekitar akhir November nanti. Dia ingin performa seluruh pemain sudah maksimal pada tanggal tersebut.

“Kami di sini (Yogyakarta) untuk persiapan liga kembali berjalan. Kami sudah berbicara dengan manajemen dan mungkin kompetisi tetap berjalan pada 25 November. Jadi, kami tetap bersiap,” ujar Andre Gaspar, Jumat (4/11/22). 

Pelatih berpaspor Brasil tersebut mengakui situasi saat ini memang sulit. Sebab setelah Tragedi Kanjuruhan, semua menjadi tak pasti dan tentu saja itu menciptakan masalah bagi tim pelatih.

Andre Gaspar lantas meminta ke Stefano Lilipaly dkk. untuk tak terlalu memikirkan hal lain, selain latihan dan fokus pada persiapan. 

“Saya bilang kepada para pemain, mereka harus fokus dan konsentrasi. Kami sudah bicara terus kepada mereka untuk tetap fokus menatap 25 November," ujarnya.

*Kami di sini harus fokus dan konsentrasi latihan. Tapi seperti saya bilang tadi, kondisi sekarang memang sedang sulit,” sambung pelatih berusia 49 tahun itu.

Setelah berlatih selama lebih dari sepekan, bek kiri Borneo FC, Leo Guntara mengatakan tim pelatih mulai memberikan materi latihan taktik. Di beberapa kesempatan, pemain juga menjalani latihan fitness dan gym.

"Setelah digeber latihan fisik di pekan pertama, kami sudah mulai masuk taktikal yang diinginkan pelatih lebih dalam lagi. Tapi, toh menu fisik tetap diselipkan agar kami bisa konsisten dalam bermain,” jelasnya. 

“Program tidak selalu di lapangan. Variasi latihan dan tempat yang berbeda itu membuat kami tak bosan dan enjoy,” imbuh Leo Guntara.