Liga Indonesia

Digandeng Eks La Liga, ASIOP Terbangkan 5 Pemain Terbaiknya ke Spanyol

Sabtu, 5 November 2022 18:55 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Media ASIOP FC
ASIOP segera mengirimkan lima pemain terbaiknya ke klub Liga Spanyol, UD Logrones. Copyright: © Media ASIOP FC
ASIOP segera mengirimkan lima pemain terbaiknya ke klub Liga Spanyol, UD Logrones.

INDOSPORT.COM - ASIOP sebagai salah satu pelopor akademi sepak bola di Indonesia tak henti-hentinya melakukan inovasi dalam rangka memajukan pembinaan usia dini. Mereka dikabarkan segera mengirimkan lima pemain terbaiknya ke Spanyol.

Ada pun lima pemain ASIOP itu berkesempatan menimba ilmu di klub Liga Spanyol, UD Logrones, yang beberapa tahun lalu pernah eksis di kasta tertinggi sepak bola Negeri Matador, La Liga.

Mereka antara lain Ibrahim Faisal Balfas, Abdullah Yasin, Muhammad Tezar Briantama, Eros Dermawan, dan Ji Da-bin yang notabene pemain timnas Indonesia U-16 asuhan Bima Sakti.

Kelima pemain itu merupakan para siswa ASIOP yang sudah dilatih sejak usia sembilan tahun. Mereka diterbangkan ke Spanyol untuk mengikuti trial di UD Logrones.

Rencananya, mereka akan bertolak ke Spanyol pada Selasa (8/11/22). Masa trial dan latihan bareng UD Logrones di sana berlangsung selama satu bulan atau tepatnya hingga 6 Desember mendatang.

Lima pemain ASIOP yang dikirim ke Spanyol itu nantinya akan mengikuti trial di dua kelompok usia berbeda. Mereka bisa mengejar mimpi berlaga di pentas sepak bola Eropa.

Ibrahim Faisal Balfas (19 tahun) yang pernah memperkuat ASIOP FC di Liga 3 akan menjalani trial bersama tim senior UD Logrones di Primera Division atau kasta ketiga Liga Spanyol.

Sedangkan, empat pemain ASIOP lainnya yang berusia 16-17 tahun, yaitu Abdullah Yasin, Eros Dermawan, Muhammad Tezar Briantama, dan Ji Da Bin akan mengikuti trial untuk menembus skuat UD Logrones U-19. 

Diketahui, UD Logrones U-19 merupakan salah satu tim pesaing kuat yang berkompetisi di kasta tertinggi Liga Spanyol U-19 (Juvenil D’ Honor) 2022-2023. Mereka tergabung bersama Atletico Madrid, Barcelona, Real Madrid, dan klub junior LaLiga lainnya.

Chairman ASIOP, Ade Wellington, menjelaskan, pengiriman lima pemain ke Spanyol ini merupakan program pertama yang dilakukan dari hasil kerja sama bersama UD Logrones yang terjalin sejak tiga bulan lalu. 

"Dikirimnya lima pemain ini ke Spanyol sebagai upaya kami agar anak-anak Indonesia bisa go Internasional. Klub UD Lorones punya sejarah bagus," ucap Ade Wellington di ASIOP Training Ground (ATG) Sentul, Sabtu (5/11/22). 

"Klub ini pernah mentas di La Liga dan kini bernaung di Segunda B atau Primera Division. Mereka juga punya tim U-19 atau Juvenil D’ Honor yang kuat. Hal itu sangat bagus untuk pemain muda kami," cetusnya.