Liga Indonesia

Tak Ada Laga Malam Hari di Lanjutan Liga 1 2022-2023? Begini Jawaban PT LIB

Sabtu, 5 November 2022 21:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Komisaris Utama PT LIB Juni Rachman (kedua kanan) didampingin Sekjen PSSI Yunus Nusi (kanan) dan Dirut Operasional LIB Sudjarno pada acara jumpa pers hasil pertemuan dengan petinggi klub terkait nasib Liga 1. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Komisaris Utama PT LIB Juni Rachman (kedua kanan) didampingin Sekjen PSSI Yunus Nusi (kanan) dan Dirut Operasional LIB Sudjarno pada acara jumpa pers hasil pertemuan dengan petinggi klub terkait nasib Liga 1.

INDOSPORT.COM - PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum memutuskan apakah tetap ada jadwal pertandingan malam hari di lanjutan Liga 1 Indonesia 2022-2023. Mereka masih menunggu izin dari pemerintah dan kepolisian.

Sebelum distopnya Liga 1 2022-2023, pertandingan yang digelar terlalu malam sering diprotes penggemar. Tapi, PT LIB tak bergeming dan tetap melakukan kick-off pada pukul 20.30 WIB atau semakin larut malam untuk area WITA dan WIT.

Kick-off yang terlalu malam juga disebut sebagai salah satu penyebab tidak terkendalinya laga pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 antara Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang. Total 135 orang tewas.

Menjawab keresahan penggemar soal hal tersebut, Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, mengaku pihaknya masih menunggu izin dari pemerintah dan kepolisian. Mereka pun akan berkoordinasi terlebih dulu dengan pemegang hak siar Liga 1.

Nantinya, jadwal akan diatur berdasarkan rekomendasi pihak terkait. Karena harus ada pertimbangan matang, supaya ada solusi yang tidak merugikan pihak mana pun.

"Secara umum kami akan lihat skemanya dulu, entah kandang-tandang atau tersentral, lalu baru buat jadwal pertandingan," kata Sudjarno, Jumat (4/11/22).

"Nanti (jadwal) mengacu pada perizinan, jamnya tentu disesuaikan dengan broadcast. Jadi, akan dikoordinasikan bagian dari sana, termasuk skema penonton apabila nanti diizinkan dengan penonton," imbuhnya.

Sementara itu, Komisaris Utama PT LIB, Juni Rachman, menyampaikan, jadwal lanjutan Liga 1 2022-2023 bakalan mengikuti rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan.

"Mungkin nanti waktu kick-off Liga 1 disesuaikan dengan rekomendasi dengan TGIPF, biar tidak terlalu larut malam," jelas Juni Rachman.

Untuk lanjutan Liga 1 2022, ada sejumlah opsi kick-off, yakni tanggal 18 dan 25 November, serta pada 2 Desember. Itu adalah wacana setelah LIB lakukan rapat dengan 18 klub peserta di Jakarta, Jumat (4/11/22).