Liga Indonesia

Belum Dibalas, PSSI Masih Menanti Respons FIFA Terkait Percepatan KLB

Minggu, 6 November 2022 21:05 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sekjen PSSI, Yunus Nusi. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

INDOSPORT.COM - PSSI masih menanti surat balasan dari FIFA terkait pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB). Mereka diketahui mengirimkan pemberitahuan tersebut sejak 31 Oktober lalu.

Isi surat ini tak lepas dari keputusan Rapat Komite Eksekutif PSSI yang menghasilkan kesepakatan melaksanakan percepatan Kongres Luar Biasa.

Namun, surat yang dikirimkan oleh PSSI sampai saat ini belum mendapatkan balasan dari FIFA. Hal ini diutarakan oleh Sekjen Yunus Nusi.

"Belum ada (Balasan surat dari FIFA). Kita masih menunggu. Kami sudah merespons dan mohon secepatnya disampaikan," kata Yunus Nusi di Jakarta, Minggu (6/11/22).

Dalam surat yang dikirimkan PSSI, diharapkan FIFA bisa merespons  keputusan percepatan Kongres Luar Biasa (KLB) hingga 7 November mendatang. 

"Harapannya sampai tanggal 7 November, tapi kalau tanggal tersebut belum ada respons ya kita tunggu saja," jelas Yunus Nusi.

Sebagaimana ketentuan statuta PSSI pasal 32 ayat 2 yang menyatakan bahwa para anggota akan diberitahukan secara tertulis sekurang-kurangnya 60 hari sebelum pelaksanaan kongres.

Harapan itu terkait rencana berikutnya, yaitu pemberitahuan kongres kepada anggota PSSI yang menurut aturan harus dilakukan sekurang-kurangnya 60 hari sebelum pelaksanaan KLB, yakni 7 November.

"PSSI sejatinya sudah sepakat akan melaksanakan Kongres Tahunan pada 7 Januari 2023. Intinya seperti ini kira-kira," pungkas Yunus Nusi.

Kongres Tahunan PSSI nanti menjadi rangkaian menuju KLB. Nantinya akan dibentuk Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) yang bekerja mempersiapkan Kongres Luar Biasa.